DPU siapkan anggaran Rp 3 miliar

 Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Karanganyar (Solopos.com)–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar menyiapkan anggaran hingga Rp 3 miliar untuk mengeruk dua waduk di wilayah Bumi Intanpari pada tahun 2011. Pengerukan waduk dilakukan lantaran tingkat sedimentasi waduk sudah dinilai terlalu tinggi.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kepala DPU Karanganyar Didik Joko Bakdono ditemui di gedung DPRD akhir pekan lalu menyebutkan dua waduk yang akan dilakukan pengerukan adalah Waduk Lalung dan Waduk Delingan.

“Kami manfaatkan musim kemarau ini dengan mengeruk lumpur di Waduk Lalung dan Waduk Delingan,” ujarnya.

Dia mengatakan  diharapkan dengan pengerukan waduk tersebut mampu meningkatkan daya tampung waduk pada musim hujan mendatang. Sehingga saat musim kemarau datang kebutuhan air bisa tercukupi. Untuk kegiatan tersebut, Pemkab telah mengalokasikan dana Rp 3 miliar yang diperoleh dari pengelolaan sumber daya air (PSDA).

“Endapan lumpur yang cukup tinggi mengakibatkan daya tampung kedua waduk tersebut menurun dalam beberapa tahun terakhir”.

Padahal, dia menambahkan kebutuhan air selama musim kemarau cukup tinggi. Belum lagi, imbuhnya, jika terjadi kemarau berkepanjangan kebutuhan air akan semakin meningkat. Dijelaskannya, keberadaan Waduk Lalung dan Delingan penting untuk beberapa kegiatan. Selain irigasi sawah petani, air dari Waduk Delingan dimanfaatkan Pabrik Gula (PG) Tasikmadu selama musim giling.

(isw)

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Berita Terkini

Rekor Buruk Shin Tae-yong Bayangi Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Shin Tae-yong (STY) mengatakan butuh dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menaklukkan Thailand yang kini memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-19.

Jembatan Jurug B Nantinya Gunakan Struktur Baru, Diklaim Lebih Kuat

Jembatan Jurug B menggunakan teknologi baru, yaitu Steel Box Girder.

Minyak Goreng Curah Kemasan Rp14.000 Diluncurkan Hari Ini, Lokasinya?

Pemerintah dijadwalkan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter pada Rabu (6/7/2022) hari ini.

Es Gempol Pleret Khas Sukoharjo, Resep Turunan yang Masih Eksis

Minuman gempol pleret terdiri atas gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol memiliki rasa gurih dengan bentuk bulat-bulat putih. Sementara pleret terasa sedikit lebih manis karena campuran gula jawa dan bentuknya panjang pipih berwarna coklat.

Workshop Fotografi, Belajar Menggali Ide Photo Story

fotografi dikenal istilah foto tunggal dan jamak atau biasa disebut photo story.

IHSG Diprediksi Kembali Bertaji, Cermati Saham-Saham Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi akan menguji kekuatan dengan mencoba level resistance 6.825.

Prasangka dan Sentimen Pendorong Kerusuhan Massal di Kawasan Multietnis

Tawuran di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (4/7/2022), tak lepas dari situasi sosial masyarakat wilayah itu yang multietnis atau heterogen.

Hampir Penuh, 33 Siswa Pasar Kliwon Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

Sebanyak 33 siswa asal Pasar Kliwon mendaftar kelas virtual yang disediakan di SMAN 2 Solo dengan kuota satu rombongan belajar sebanyak 36 kursi.

Indonesia vs Thailand di Piala AFF U-19, Ini Permintaan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (STY) mengatakan butuh dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menaklukkan Thailand yang kini memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-19.

McDonaldisasi dalam Dunia Pendidikan

Seiring perkembangan zaman, prinsip McDonaldisasi tidak hanya hadir bagi dunia bisnis, tetapi juga digunakan dalam banyak dunia salah satunya pendidikan.

Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

Jadwal Grup A Piala AFF U-19 Hari Ini, Bigmatch Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (6/7) malam.

Prakiraan Cuaca Jogja Rabu: Pagi Cerah, Siang Hujan

Prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Rabu (6/7/2022) menurut BMKG.

Hari Ini, G20 Solo Bahas Reformasi WTO Sampai Investasi Berkelanjutan

Pertemuan kedua Forum TIIWG G20 yang akan berlangsung di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7/2022) ini, membahas tiga isu strategis.

Siap-Siap Ada Hujan Lebat, Ini Prakiraan Cuaca Karanganyar Rabu

Cuaca di Karanganyar hari Rabu (6/7/2022) ini akan diwarnai hujan lebat. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini di sini.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini, Potensi Hujan Lebat Sore Hari

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali untuk hari ini Rabu (6/7/2022) yang tersaji lengkap.