SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—KPU Kota Jogja telah menetapkan jumlah DPT Pilwali Kota Jogja. Dari hasil rekap yang dilakukan oleh KPU, tercatat jumlah DPT sebanyak 322.840. Jumlah tersebut terdiri dari peserta lai laki 156.911 dan peserta perempuan sebanyak 165.929.
 
Kepala Devisi organisasi dan Umum KPU Kota Jogja Wawan Budianto menjelaskan, jumlah DPT Pilwali tahun ini mengalami kenaikan dari DPS. Selumnya KPU mencatat DPS sebanyak 322.511.

Wawan menjelaskan, pertambahan jumlah DPT tersebut sudah sesuai dengan prediksi KPU. Dia menyebut pertambahan disebabkan oleh pembekuan data kependudukan warga. Pembekuan data kependudukan, kata dia, salah satunya disebabkan oleh warga Jogja dan memiliki hak pilih tidak melakukan update data diri di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Pertambahan tidak signifikan hanya 329. Itu rata-rata disebabkan oleh pembekuan data diri. Kami sudah melakukan klarifikasi dengan Dindukcapil pertambahan itu memang warga Jogja dan meiliki hak pilih,” jelasnya hari ini, (10/8).

Wawan menampik jika pertambahan itu dipengaruhi oleh tingginya pemilih pemula. Menurutnya pemilih pemula sudah terakomodir dalam DP4. “Pemilih pemula sudah diakomodir dalam DP4 sehingga jumlahnyapun juga tidak berdapak pada pertambahan ini,” katanya.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya