SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi Daftar Pemilih tetap (DPT). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA – Karut marut penetapan daftar pemilih tetap (DPT) berimbas pada pemilih. Berdasarkan wawancara tim Harian Jogja kepada 139 orang di DIY, sebagian besar menyatakan tidak peduli dengan DPT.

Survei yang dilakukan di kabupaten/kota yang ada di DIY itu, sebanyak 74 responden menyatakan tahu, namanya masuk dalam DPT. Sisanya, 55 orang menyatakan tidak tahu jika namanya tercantum sebagai peserta Pemilu 2014 mendatang.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Ironisnya lagi dari 55 orang itu, 16 di antaranya akan berusaha mendapatkan hak pilih dengan mengurus ke sejumlah pemangku kepentingan. Sementara 39 orang menyatakan tidak akan mengurus.

Dari fakta survei itu, diketahui masyarakat cenderung acuh tak acuh atas DPT karena mereka tidak akan mengurus ke instansi terkait.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengembalikan keputusan ke pemilih ketika bersikap acuh tidak terdaftar di DPT. “Mangga saja. Itu hak masing- masing,” katanya, Sabtu (9/11/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya