SOLOPOS.COM - Warga mengamati Daftar Pemilih Sementara (DPS). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Pemilihan Umum Kota Jogja, Minggu (13/10/2013) menetapkan kembali daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2014 dengan memasukkan 194 pemilih baru yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar.

“Sebagian besar pemilih yang dimasukkan tersebut berasal dari mahasiswa baru dari berbagai asrama daerah yang ada di Kota Jogja,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Nasrullah, usai penetapan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Total pemilih yang ditetapkan oleh KPU Kota Jogja dalam daftar pemilih tetap (DPT) pun menjadi 305.924 pemilih yang terdiri dari 147.231 laki-laki dan 158.693 perempuan. Pada DPT awal yang ditetapkan 13 September, total jumlah pemilih tercatat sebanyak 305.730 pemilih.

Nasrullah menyatakan penetapan kembali DPT tersebut dilakukan sesuai dengan surat edaran dari KPU RI yang meminta agar KPU kabupaten/kota yang telah menetapkan DPT pada 13 September untuk kembali mencermati data dan menetapkan kembali DPT pada 13 Oktober.

KPU Kota Jogja melalui penyelenggara pemilu di wilayah kemudian melakukan pencermatan kembali pemilih yang telah masuk dalam DPT dan ditemukan adanya pemilih baru, pemilih ganda serta pemilih yang telah meninggal dunia.

“Hasil penetapan pemilih di KPU Kota Jogja kemudian akan direkapitulasi bersama-sama di KPU DIY pada pekan depan untuk menentukan jumlah pemilih di DIY,” katanya.

KPU Kota Yogyakarta juga akan segera menyampaikan data pemilih “by name and by address” untuk kemudian diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta dan kepada partai politik.

“Paling lambat pada 17 Oktober, data tersebut sudah bisa sampai. PPS dan PPK kemudian diminta untuk mengumumkan data pemilih itu ke masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya