SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Kalangan DPRD mengkritisi draf rancangan peraturan daerah (raperd) anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2013. Draf raperda itu dinilai timpang karena tidak berpihak pada program pengentasan kemiskinan dan tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Juru bicara Fraksi PDIP DPRD Wonogiri, MH Zainudin, saat berbicara di hadapan peserta rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin (12/11/2012), mengatakan banyak ketimpangan dan kejanggalan dalam draf RAPBD 2013. Sebagai contoh, mengenai anggaran SKPD kecamatan, dia melihat anggaran perjalanan dinas kecamatan cenderung sama, padahal jarak antara setiap kecamatan dari kota kabupaten berbeda-beda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah ada peningkatan khusus peringatan hari kemerdekaan dan hari jadi Wonogiri, tapi dalam hal lain masih banyak kejanggalan dan ketimpangan. Seperti anggaran perjalanan Paranggupito jangan sama dengan Wonogiri,” tandas Zainudin.

Berdasarkan draf RAPBD 2013 anggaran untuk perjalanan dinas yang masuk pos anggaran Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah, memang terdapat kecenderungan sama di masing-masing kecamatan. Contohnya, anggaran rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah Kecamatan Wonogiri sebesar Rp18,14 juta sedangkan anggaran serupa Kecamatan Pracimantoro yang jaraknya 40 kilometer (km) dari kota kabupaten hanya Rp12,6 juta. Zainudin meminta Pemkab lebih jeli dalam menyusun anggaran agar tidak lagi ada kejanggalan dan ketimpangan.

Terkait anggaran perjalanan tersebut, Camat Pracimatoro, Bhawarto, mengakui dalam beberapa hal pernyataan DPRD ada benarnya. Soal anggaran perjalanan misalnya, dia mengaku kerap tombok saat melakukan perjalanan dalam rangka dinas. Apalagi, mobil dinas camat difungsikan sebagai mobil operasional yang bisa digunakan pegawai pemerintah kecamatan lain untuk kegiatan kemasyarakatan.

Di sisi lain, Fraksi PDIP juga menyoroti minimnya anggaran untuk pengentasan kemiskinan. Padahal, Zainudin menegaskan dalam kampanyenya saat pemilihan bupati lalu, Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, pernah menyatakan komitmen untuk mengentaskan kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya