Wakil ketua sementara DPRD Wonogiri, Sugeng Ahmadi (kanan), menandatangani surat penetapan calon pimpinan DPRD di Graha Paripurna DPRD, kawasan kota Wonogiri, Kamis (12/9/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- DPRD Wonogiri kemungkinan besar bakal kembali diketuai oleh Setyo Sukarno. Hal itu berdasarkan Rapat Paripurna DPRD Wonogiri di gedung DPRD setempat, Kamis (12/9/2019).

Selain Setyo Sukarno yang merupakan wajah lama dari PDIP, tiga wakil ketua akan diisi nama baru. Pada kesempatan itu nama calon pimpinan dewan dibacakan Sekretaris DPRD, Gatot Siswoyo.

Calon pimpinan DPRD meliputi Setyo dari PDIP yang akan menjadi ketua, Sugeng Ahmadi dari Golkar, Krisyanto dari PKS, dan Siti Hardiyani dari Gerindra ketiganya wakil ketua.

Nama-nama itu sebelumnya diajukan partai politik masing-masing. Setyo dan Sugeng masing-masing adalah ketua dan wakil sementara DPRD. Seperti diketahui, empat dari enam partai politik (parpol) di perlemen mendapat jatah kursi pimpinan DPRD karena memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam regulasi.

Berdasar ketentuan, pimpinan DPRD kabupaten hanya untuk legislator dari parpol yang meraup kursi terbanyak pertama hingga empat. Khusus ketua DPRD merupakan jatah legislator dari parpol pemilik kursi terbanyak pertama, yakni PDIP.

Pada Pemilu Legislatif 2019 lalu partai berlambang banteng bermoncong putih itu memperoleh 28 dari kuota 50 kursi. Setelah nama-nama itu dibacakan, ketua sementara DPRD, Setyo, menetapkan mereka sebagai calon pimpinan DPRD.

Selanjutnya dia akan mengusulkan keempat nama itu kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui Bupati, Joko Sutopo, untuk diangkat secara resmi.

Kali ini DPRD juga menetapkan lima fraksi, yakni Fraksi PDIP berisi 28 legislator, Golkar delapan orang, Gerindra empat orang, PKS empat orang, dan Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB) enam orang. Fraksi AKB berisi gabungan legislator PAN dan PKB.

Struktur Fraksi PDIP meliputi ketua Gimanto, wakil Catur Winarko, sekretaris Supriyanto, selebihnya anggota. Fraksi Golkar terdiri atas ketua Paryanti, wakil Reni Toriliana, sekretaris Hamid Kurniawan, selebihnya anggota.

Fraksi PKS meliputi ketua Jarmono, wakil Sri Hariyanto, sekretaris Sriyanto, lainnya anggota. Fraksi Gerindra meliputi ketua Imron Rizkyarno, sekretaris Siti Hardiyani, sekretaris Arum Subekti, lainnya anggota.

Sedangkan Fraksi AKB terdiri atas ketua Sunarno, wakil Suparno, sekretaris Iskandar, dan selebihnya anggota. Setyo Sukarno kepada Solopos.com mengatakan setelah diangkat secara definitif, pimpinan DPRD akan membentuk alat kelengkapan (alkap), yakni badan musyawarah (bamus), komisi, badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda), dan badan kehormatan (BK).

Dia menargetkan seluruh alkap terbentuk pada September ini. Terpisah, Ketua DPD Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, mengatakan Sugeng diajukan sebagai pimpinan DPRD untuk mengapresiasi prestasinya sebagai legislator Golkar yang meraup suara terbanyak saat Pemilu 2019 lalu. Selain itu dia menilai Sugeng memiliki banyak pengalaman di kancah perpolitikan Wonogiri.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten