SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — DPRD Wonogiri mendesak Pemkab untuk mempertanyakan kelanjutan jalur lintas selatan (JLS) kepada pemerintah pusat. Pasalnya, hampir setahun proyek tersebut mandek dan tanpa kejelasan penyelesaiannya.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Wonogiri, Wawan Setya Nugraha, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (16/11/2012). “Kami mendesak Pemkab sesegera mungkin mempertanyakan kelanjutan infrastruktur JLS. Sebab, ini sudah ditunggu masyarakat,” katanya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ia menambahkan kejelasan itu agar proyek itu tidak menjadi beban terus menerus di pemerintah daerah. Sebab, pembebasan lahannya sudah dilakukan sejak awal. Menurutnya, proyek JLS itu sudah terlalu lama karena memorandum of understanding (MoU) dilakukan sekitar 2007.

“Jika JLS tersebut segera diselesaikan, maka memperlancar akses penghubung wilayah Jawa Tengah di bagian selatan. Sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, menyatakan telah mendapat informasi dari pemerintah pusat jika pada 2013, proyek dilanjutkan sepanjang 25 kilometer. “Artinya, ruas jalan di wilayah Wonogiri selatan yang dilalui JLS selesai pada 2013,” katanya dalam pesan singkat saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Hal itu, lanjut dia, semakin membantu masyarakat Wonogiri dalam mempercepat akses Wonogiri- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sehingga memapu menjadi penggerak roda perekonomian di Wonogiri.

Sebelumnya, kelanjutan pembangunan JLS yang menghubungkan DIY-Wonogiri-Pacitan dipertanyakan. Pasalnya, di 2012 belum ada kelanjutan sama sekali untuk pembangunan JLS. Terakhir, pada 2011, pembangunan JLS itu berada di wilayah Kecamatan Pracimantoro sepanjang empat kilometer.

Sedangkan total panjang JLS yang melalui Kabupaten Wonogiri sekitar 37 kilometer yang melewati tiga kecamatan yakni Pracimantoro, Giritontro dan Giriwoyo. Dari total panjang jalan tersebut, baru sekitar 14 kilometer yang telah tergarap dan masih 23 kilometer yang belum terselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya