SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Malang— DPRD Kota Malang, Jawa Timur, terpaksa harus meninjau ulang persetujuan modernisasi Pasar Dinoyo dan Blimbing, terkait adanya perubahan konsep pembangunan yang dilakukan investor.

Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi, di Malang, Jumat (11/6), mengatakan persetujuan yang ditandatangani dewan pada 2009 hanya pembangunan dua pasar tradisional menjadi pasar modern.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sekarang kok malah ada pembangunan apartemen 15 lantai di bangunan pasar. Kami tahunya setelah ada dengar pendapat dengan Dinas Pasar dan Bappeko, kaget juga,” kata mantan wakil ketua DPRD setempat periode 2004-2009 itu.

Politisi dari PKB ini mengatakan pihaknya memang mendengar adanya pembangunan fasilitas hotel di atas bangunan Pasar Blimbing, namun total lantainya hanya empat, bukan 15 lantai seperti yang dipaparkan tim pembangunan Pasar Blimbing dan Dinoyo.

Menanggapi perubahan konsep pembangunan tersebut, Kepala Dinas Pasar Kota Malang J Hartono mengatakan pembangunan apartemen di kawasan pasar itu merupakan bagian dari pembangunan pasar yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS).

Hanya saja, kata dia, sampai saat ini PKS itu masih dalam proses pembahasan, sehingga belum diserahkan ke dewan.”Secepatnya kami tuntaskan, bahkan sekarang setiap hari lembur untuk mengerjakan PKS tersebut,” katanya.

Selama proses pembangunan, ribuan pedagang yang menempati kedua pasar tersebut direlokasi ke kawasan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru untuk pedagang di Pasar Dinoyo dan di eks pasar hewan Pandanwangi, Blimbing untuk pedagang di Pasar Blimbing.

Proses pembangunan kedua pasar yang ditangani investor dari Jakarta dan Surabaya itu menurut rencana dimulai Desember 2010 dan selesai Desember 2012 dengan anggaran murni dari investor.

Kompensasi yang diberikan Pemkot Malang bagi investor adalah pengelolaan kedua pasar tersebut beserta seluruh fasilitasnya selama 25 tahun hingga 30 tahun.

Semula investasi yang dibutuhkan untuk modernisasi kedua pasar tersebut sekitar Rp450 miliar. Namun, dengan adanya perubahan konsep yang ditambah dengan fasilitas apartemen sehingga menjadi 15 lantai di Pasar Blimbing itu, masih belum diketahui.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya