SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Hampir seluruh kabupaten/kota di Jateng belum terbentuk komisi Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Padahal UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah diberlakukan sejak bulan Mei 2010 lalu.

“Kabupaten Kota di Jateng saat ini masih dalam  tahapan proses pembentukan Komisi KIP,” ujar anggota Komisi A DPRD Jateng Atyoso Muchtar dalam kunjungan kerja di Boyolali, Sabtu (19/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan kondisi itu, jelas Atyoso, pihaknya berharap Pemkab/Pemkot untuk segera membentuk komisi KIP itu guna memberi informasi secara konkret kepada masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Dijelaskan Atyoso, Kunker itu tidak dilakukan ke seluruh kabupaten/kota di Jateng. Namun, hanya beberapa kota/kabupaten sebagai sampel.

“Hanya beberapa kabupaten/kota di Jateng sebagai sampel, yakni Solo, Boyolali, Sukoharjo, Sragen dan Kota Semarang,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bagian Humas Informatika dan Protokol Setda Boyolali, Rita Puspitasari menegaskan  saat ini Pemkab Boyolali secara bertahap telah memberlakukan UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Namun pemberlakukan itu terkendala, karena belum terbentuknya badan/komisi khusus yang menangani keterbukaan informasi publik.

“Di Pemkab Boyolali sendiri tidak ada Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Diskominfo dan hanya bagian humas Setda,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya  berencana membentuk  Pejabat Pembuat Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap Satker.

Saat ini, lanjut Rita untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat  telah dibentuk Lembaga Komunikasi  Masyarakat (LKM). Di Boyolali sendiri baru terbentuk 84 LKM dari rencana sebanyak 267 LKM di tiap desa dan kelurahan di Boyolali.

fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya