DPRD Jateng Siap Pererat Sinergi dengan Eksekutif

Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah (Jateng) masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Berlian, sebutan Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Selasa (3/9/2019). Dari jumlah sebanyak itu, 45% di antaranya merupakan wajah baru.

DPRD Jateng Siap Pererat Sinergi dengan Eksekutif

SOLOPOS.COM - Kepala Pengadilan Tinggi Jateng, Sri Sutatiek, menyematkan pin keanggotaan kepada anggota DPRD Jateng masa bakti 2019-2024 pada acara pelantikan di Gedung DPRD Jateng, Selasa (3/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah (Jateng) masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Berlian, sebutan Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Selasa (3/9/2019). Dari jumlah sebanyak itu, 45% di antaranya merupakan wajah baru.

“Kendati banyak anggota parlemen yang berstatus baru, kolaborasi yang selama ini sudah terjalin dengan lembaga eksekutif tidak boleh meredup. Jalinan yang sudah ada, wajib diperkuat demi kemajuan Jateng,” ujar Ketua sementara DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, saat memberi sambutan.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang itu itu siap melanjutkan program pendahulunya yang belum rampung dan memperkuat hubungan dengan lembaga eksekutif.

“Tidak ada artinya kinerja kita jika tidak mendapat dukungan dari pemerintah. Oleh karena itu, kita akan jalin hubungan yang lebih baik dengan eksekutif. Apa yang pernah berhasil dilaksanakan harus diteruskan. Sedangkan rencana yang belum sepat selesai, apabila dipandang sangat mendesak harus diselesaikan,” ujar Bambang.

Dalam acara itu, juga ditetapkan posisi ketua sementara DPRD Jateng kepada Bambang Kusriyanto. Sedangkan, posisi wakil ketua sementara diberikan kepada Sukirman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Penetapan Bambang dan Sukirman sebagai pimpinan sementara itu tak terlepas dari perolehan kursi partainya  di DPRD Jateng. PDIP menjadi partai yang paling banyak meraih kursi dengan perolehan 42 kursi atau 35% dari total kursi DPRD Jateng.

Sementara, PKB menempati urutan kedua dengan total 20 kursi, disusul Gerindra dengan 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, dan Partai Nasdem 3 kursi.

Logo DPRD Jateng

Parlemen modern

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepada seluruh anggota DPRD Jateng untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial (medsos). Menurutnya hal itu penting agar apa yang dilakukan dapat diketahui publik dan pelayanan kepada publik pun semakin optimal.

“Saya sangat mendukung upaya mewujudkan parlemen modern. Karena disukai atau tidak, zaman kini telah berubah dan semua menunutut perubahan,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan saat ini bukan zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan secara konvensional. Pemanfaatan teknologi seperti pembuatan website khusus tentang DPRD sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Jateng yang baru dilantik. Ganjar berharap, mereka yang baru dilantik itu dapat langsung bekerja dan membantu mewujudkan program-program Pemprov  Jateng.

“Ada banyak hal yang harus dikerjakan, termasuk problem ideologi, pengurangan angka kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan, reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi. Saya mohon kerja samanya,” ujar Ganjar. (ADV)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Masih PPKM Darurat, Begini Politeknik Indonusa Solo Gelar Dies Natalis ke-19

Masyarakat bisa membuat ucapan selamat Dies Natalis ke-19 untuk Politeknik Indonusa Solo kemudian diupload di media sosial.

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.

Tak Hanya Harga, Kualitas Jadi Kunci Semen Dynamix Diterima Konsumen

Ini dia rahasia perusahaan semen Dynamix yang tergabung dalam Semen Indonesia Group dalam membangun bisnis di bidang kontruksi.

Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

Proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada Kamis (5/8/2021).

Ini Rahasia Sharp Terus Survive di Masa Pandemi Covid-19

PT Sharp Elektronik Indonesia mempunyai kiat tersendiri agar tetap bertahan atau survive di masa pandemi Covid-19 ini.

Catat! Call Center Layanan Derek Gratis Dishub Solo Ganti ke Nomor Ini

Henry menyebut pergantian nomor tidak mengubah layanan derek Dishub Solo, yakni pelayanan derek kendaraan tetap gratis namun dengan syarat dan ketentuan.

Anak Bungsu Akidi Tio Diperiksa Lagi, Polda Sumsel Masih Penasaran Sumber Dana Rp2 Triliun

Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Jalan di Solo Berlanjut! Ini Daftarnya

Perpanjangan PPKM Level 4 berdampak pada penutupan enam ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengurangi mobilitas warga.

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Ternyata Ngrontrak Rumah di Jogonalan Klaten

Kisah tragis kali ini tentang bocah yang menjadi yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal akibat Covid-19.

Pria yang Tawarkan Barter Sepatu dengan Susu untuk Anaknya Kini Diangkat Jadi Linmas Laweyan Solo

Pria yang sempat menawarkan barter sepatu dengan susu untuk anaknya kini diangkat menjadi anggota Linmas Laweyan, Solo.