DPRD Jateng Siap Pererat Sinergi dengan Eksekutif

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah (Jateng) masa bakti 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Berlian, sebutan Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Selasa (3/9/2019). Dari jumlah sebanyak itu, 45% di antaranya merupakan wajah baru.

“Kendati banyak anggota parlemen yang berstatus baru, kolaborasi yang selama ini sudah terjalin dengan lembaga eksekutif tidak boleh meredup. Jalinan yang sudah ada, wajib diperkuat demi kemajuan Jateng,” ujar Ketua sementara DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, saat memberi sambutan.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang itu itu siap melanjutkan program pendahulunya yang belum rampung dan memperkuat hubungan dengan lembaga eksekutif.

“Tidak ada artinya kinerja kita jika tidak mendapat dukungan dari pemerintah. Oleh karena itu, kita akan jalin hubungan yang lebih baik dengan eksekutif. Apa yang pernah berhasil dilaksanakan harus diteruskan. Sedangkan rencana yang belum sepat selesai, apabila dipandang sangat mendesak harus diselesaikan,” ujar Bambang.

Dalam acara itu, juga ditetapkan posisi ketua sementara DPRD Jateng kepada Bambang Kusriyanto. Sedangkan, posisi wakil ketua sementara diberikan kepada Sukirman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Penetapan Bambang dan Sukirman sebagai pimpinan sementara itu tak terlepas dari perolehan kursi partainya  di DPRD Jateng. PDIP menjadi partai yang paling banyak meraih kursi dengan perolehan 42 kursi atau 35% dari total kursi DPRD Jateng.

Sementara, PKB menempati urutan kedua dengan total 20 kursi, disusul Gerindra dengan 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, dan Partai Nasdem 3 kursi.

Logo DPRD Jateng

Parlemen modern

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepada seluruh anggota DPRD Jateng untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial (medsos). Menurutnya hal itu penting agar apa yang dilakukan dapat diketahui publik dan pelayanan kepada publik pun semakin optimal.

“Saya sangat mendukung upaya mewujudkan parlemen modern. Karena disukai atau tidak, zaman kini telah berubah dan semua menunutut perubahan,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan saat ini bukan zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan secara konvensional. Pemanfaatan teknologi seperti pembuatan website khusus tentang DPRD sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Jateng yang baru dilantik. Ganjar berharap, mereka yang baru dilantik itu dapat langsung bekerja dan membantu mewujudkan program-program Pemprov  Jateng.

“Ada banyak hal yang harus dikerjakan, termasuk problem ideologi, pengurangan angka kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan, reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi. Saya mohon kerja samanya,” ujar Ganjar. (ADV)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Prediksi PSIS Vs Perisraja: Paulo Henrique Jadi Ancaman Mahesa Jenar

PSIS Semarang akan tampil penuh motivasi melawan Persiraja Banda Aceh menyusul hasil positif yang mereka raih di dua laga sebelumnya.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.

Indosat dan Tri Merger, Potensi Pendapatan Rp42 Triliun

Indosat dan Tri merger dan akan hadir dengan perusahaan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Dapat Donasi Rp32 Juta, Sekeluarga yang Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Bakal Ngontrak

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, bakal dicarikan kontrakan setelah mendapat bantuan senmilai Rp32.650.000.

Inspiratif, Gerakan Orang Tua Asuh Polantas Kediri Kota Kepada Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Satlantas Polres Kediri Kota mengangkat 72 anak yatim terdampak Covid-19

Buntut Buka-Bukaan Soal Gaji, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Sanksi?

Krisdayanti dipanggil Fraksi PDIP DPR RI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataannya soal gaji DPR yang membuat heboh.

Kenali Tanda-Tanda Monstera Kekurangan Sinar Matahari

Ada sejumlah tanda yang bisa jadi indikator apakah Monstera kekurangan atau justru kelebihan sinar Matahari.

Wonogiri Kembali Masuk Zona Kuning Covid-19, Bupati Jekek: Ini Luar Biasa

Selama pandemi berlangsung, Wonogiri pernah masuk dalam zona hijau, kuning, oranye, dan merah.