SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD Jawa Tengah (Jateng) menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jateng untuk Tahun Anggaran 2019 yang digelar dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Kamis (29/11/2018).

Dalam Raperda APBD Jateng 2019 itu, pendapatan daerah ditetapkan Rp25,865 triliun dan belanja daerah Rp26,632 triliun. Sedangkan, pembiayaan daerah meliputi penerimaan pembiayan Rp686,74 miliar, pengeluaran pembiayan Rp20 miliar, pembiayaan netto Rp666,75 miliar, serta sisa lebihh pembiayaan anggara (Silpa) nihil atau nol.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin, menyebutkan APBD Jateng 2019 ini merupakan langkah awal periode kepemimpinannya bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dalam merumuskan target-target yang telah disampaikan dan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dirumuskan dalam program kegiatan setiap tahun.

Setelah disetujui DPRD, Raperda APBD Jateng 2019 ini selanjutnya akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dievaluasi. Dengan disetujuinya raperda tersebut, diharap mampu mendorong percepatan terlaksananya berbagai prioritas pembangunan di Jateng

“Saya minta dari jajaran legislatif dapat mendukung politik anggaran yang dititikberatkan pada sektor prioritas untuk mewujudkan visi menujuh Jateng sejahtera dan berdikari,” ujar Yasin saat membacakan tanggapan Gubernur Jateng terhadap persetujuan Raperda APBD Jateng 2019 pada rapat paripurna DPRD.

Dalam kesempatan tersebut, wakil gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan yang dalam menyikapi dan mencermati APBD TA 2019 melalui pembahasan di tingkat rapat kerja komisi maupun badan anggaran sehingga Perda provinsi Jawa Tengah tentang APBD 2019 dapat disetujui bersama. 

Sidang paripurna ke II DPRD Jateng masa persidangan ke-3 tahun 2018 dengan agenda persetujuan program pembentukan peraturan daerah Provinsi Jateng 2018, persetujuan Raperda tentang APBD TA 2019, serta persetujuan Raperda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jateng tersebut ditutup dengan penandatangan Raperda tentang APBD 2019 oleh Taj Yasin dan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, serta para anggota DPRD Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya