DPRD Jateng Minta Pemprov Gencarkan Promosi ASEAN School Games

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – DPRD Jawa Tengah (Jateng) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng serius dalam mempersiapkan perhelatan ASEAN School Games (ASG) yang digelar di Kota Semarang, Rabu-Kamis (17-25/7/2019).

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv, menilai saat ini persiapan yang dilakukan Pemprov Jateng sebagai tuan rumah belum maksimal. Padahal, event yang mempertemukan atlet pelajar se-ASEAN itu bakal berlangsung kurang dari sepekan lagi.

PromosiPenomoran Setelah Partai Politik Menjadikan DPD Merasa Dibedakan

Zen mengatakan kurangnya persiapan Pemprov Jateng itu terlihat dari minimnya promosi di daerah-daerah. Menurut politikus PKB itu, banyak warga di luar Kota Semarang yang belum tahu jika di Jateng bakal berlangsung event olahraga tingkat dunia.

 “Kalau Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sudah [persiapan]. Tapi, Pemprov Jateng belum. Promosinya masih kurang. Padahal, kalau sukses tentu Jateng akan mendapat apresiasi dari dunia internasional,” ujar Zen saat dijumpai wartawan di Gets Hotel, Semarang, Rabu (10/7/2019).

Menurut Zen, kurang dari sepekan ini Pemprov Jateng perlu bekerja ekstra keras dalam menggencarkan promosi. Salah satunya dengan melibatkan pemerintah di kabupaten dan kota.

Selain itu, Zen menilai Pemprov Jateng juga perlu memberikan kemudahan berupa fasilitas bagi masyarakat di daerah agar bisa menyaksikan event tersebut. Fasilitas itu, salah satunya dengan menyediakan sarana transportasi dari daerah ke Semarang, maupun antar-venue.

“Katanya tadi kalau tiket masuk ke venue-nya sudah digratiskan. Tapi, kalau transportasinya seperti bus belum. Kalau perlu Dinas Perhubungan dilibatkan untuk menyediakan busnya. Supaya setiap perlombaan digelar penontonnya penuh. Meski pun yang bertanding bukan dari Indonesia,” ujar Zen.

Zen berharap Pemprov Jateng bisa mencontoh Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) maupun DKI Jakarta yang suskses saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kesuksesan itu dibuktikan dengan ramainya penonton di setiap perlombaan Asian Games.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv, menjawab pertanyaan wartawan terkait persiapan ASEAN School Games di Gets Hotel, Semarang, Rabu (10/7/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Sementara itu, Kabid Disporapar Jateng, Kuncoro Dwi Wibowo, mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait, termasuk Diskominfo Jateng, dalam melakukan promosi ke masyarakat.

“Tentu itu terus kita lakukan. Kita ingin Jateng berhasil dalam penyelenggaraan event ini.Venue perlombaan juga sudah kita siapkan,” ujar Kuncoro.

Kuncoro mengatakan ada 9 cabang olahraga yang digelar di ASG, yakni bola voli, tenis meja, tenis lapangan, atletik, pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, dan renang.

Kesembilan cabor itu akan digelar di sembilan venue yang berbeda. Sementara untuk pembukaan akan digelar di Holy Stadium Marina, Kota Semarang, dan penutupan di kompleks Candi Borobudur, Magelang.

Sementara itu, Ketua Gugus Kerja Sama Internasional Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr. Henny Setyawati, berharap ASG 2019 di Jateng berlangsung sukses. Pihaknya pun siap mengerahkan civitas academica Unnes agar event tahunan itu berjalan lancar.

“Jateng ini kan dipercaya untuk menggelar opening dan membantu agar event berjalan sukses. Tentunya, harapan kita sukses prestasi dan penyelenggaraan. Kita harus menjawab kepercayaan itu,” ujarHenny. (Adv)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Harimau di Banjarnegara Masih Teka-Teki, BKSDA Siapkan Camera Trap

BKSDA Jawa Tengah (Jateng) berencana memasang camera trap atau kamera jebakan untuk memantau aktivitas satwa liar di Banjarnegara yang dikabarkan merupakan harimau.

Ternyata Ini Penyebab Harga Telur Ayam di Boyolali Naik

Ketua Pinsar Jawa Tengah, Parjuni, mengungkapkan ada beberapa hal memengaruhi kenaikan harga telur,

Hilang di Swiss, Eril Khan Miliki Dua Adik di Indonesia

Eril memiliki seorang adik perempuan bernama Camillia Laetitia Azzahra dan adik angkat bernama Arkana Aidan Misbach.

Foto-Foto Gempa Jogja 2006: Reruntuhan dan Mayat Berserakan

Berikut kumpulan foto bencana gempa bumi yang melanda wilayah Jogja dan sekitarnya pada 2006 silam.

Raih Emas di SEA Games Vietnam, Atlet Takraw Asal Lumajang Diberi Rumah

Pemkab Lumajang memebrikan hadiah berupa rumah kepada Saiful Rijal, atlet sepak takraw asal Kabupaten Lumajang, yng meraih medali emas sekaligus perak dan perunggu dalam ajang SEA Games di Hanoi, Vietnam.

Berbagi Rasa Melalui Cerita di Wedangan Kapok Lombok Aston Solo Hotel

Aston Solo Hotel menghadirkan Wedangan Kapok Lombok. 

Kunjungi Warga Solo, Gibran Dapati Bayi Stunting, Bergejala TBC Pula

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapati bayi yang menderita stunting dan terindikasi tuberkulosis (TB) saat mengunjungi warga di wilayah Gilingan, Banjarsari.

Pernah Jadi Orang Terkaya di Bumi, Berapa Kekayaan Bill Gates Sekarang?

Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft pernah menjadi orang terkaya di dunia. Lantas berapa kekayaan Bill Gates sekarang setelah gelar orang terkaya di dunia bergeser ke Elon Musk?

Detik-Detik 1 Mobil Tertabrak KA di Prambanan Klaten

Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jumat (27/5/2022) sore.

Menyalakan Motor setelah Terendam Banjir, Ini yang Terjadi pada Mesin

Setelah terendam banjir apakah menyalakan motor bisa dilakukan seperti biasa atau harus melakukan pengecekan terlebih dahulu?

Tahun Ajaran 2021/2022 di Sukoharjo Nol Anak Putus Sekolah Jenjang SMP

Jumlah siswa SMP yang terdaftar dalam Dapodik Sukoharjo jenjang SMP saat ini mencapai 32.716 siswa.

Berikut Deretan Pantai “Baru” di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini deretan pantai yang baru di Gunungkidul yang layak untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan berbeda.

Keterlaluan! Selama 7 Tahun, Pria di Banjarnegara Rudapaksa Anak Tiri

Polisi menangkap seorang ayah yang melakukan pemerkosaan terhadap anak tiri di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), selama tujuh tahun.

Harga Tandan Buah Segar Belum Terdongkrak, Menunggu Aturan DPO dan DMO?

Data dari Apkasindo menunjukkan bahwa seluruh wilayah penghasil kelapa sawit tidak ada yang membeli tandan buah segar (TBS) sesuai dengan harga Disbun.

Miris! Seorang Ibu di Pulokulon Bunuh Diri Ajak Dua Anaknya

Kejadian memilukan, seorang ibu bunuh diri dengan mengajak dua anaknya di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.