Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv (kedua dari kanan), menyoroti persiapan ASG 2019 saat dialog di Hotel Gets, Semarang, Rabu (10/7/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – DPRD Jawa Tengah (Jateng) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng serius dalam mempersiapkan perhelatan ASEAN School Games (ASG) yang digelar di Kota Semarang, Rabu-Kamis (17-25/7/2019).

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv, menilai saat ini persiapan yang dilakukan Pemprov Jateng sebagai tuan rumah belum maksimal. Padahal, event yang mempertemukan atlet pelajar se-ASEAN itu bakal berlangsung kurang dari sepekan lagi.

Zen mengatakan kurangnya persiapan Pemprov Jateng itu terlihat dari minimnya promosi di daerah-daerah. Menurut politikus PKB itu, banyak warga di luar Kota Semarang yang belum tahu jika di Jateng bakal berlangsung event olahraga tingkat dunia.

 “Kalau Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sudah [persiapan]. Tapi, Pemprov Jateng belum. Promosinya masih kurang. Padahal, kalau sukses tentu Jateng akan mendapat apresiasi dari dunia internasional,” ujar Zen saat dijumpai wartawan di Gets Hotel, Semarang, Rabu (10/7/2019).

Menurut Zen, kurang dari sepekan ini Pemprov Jateng perlu bekerja ekstra keras dalam menggencarkan promosi. Salah satunya dengan melibatkan pemerintah di kabupaten dan kota.

Selain itu, Zen menilai Pemprov Jateng juga perlu memberikan kemudahan berupa fasilitas bagi masyarakat di daerah agar bisa menyaksikan event tersebut. Fasilitas itu, salah satunya dengan menyediakan sarana transportasi dari daerah ke Semarang, maupun antar-venue.

“Katanya tadi kalau tiket masuk ke venue-nya sudah digratiskan. Tapi, kalau transportasinya seperti bus belum. Kalau perlu Dinas Perhubungan dilibatkan untuk menyediakan busnya. Supaya setiap perlombaan digelar penontonnya penuh. Meski pun yang bertanding bukan dari Indonesia,” ujar Zen.

Zen berharap Pemprov Jateng bisa mencontoh Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) maupun DKI Jakarta yang suskses saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kesuksesan itu dibuktikan dengan ramainya penonton di setiap perlombaan Asian Games.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv, menjawab pertanyaan wartawan terkait persiapan ASEAN School Games di Gets Hotel, Semarang, Rabu (10/7/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Sementara itu, Kabid Disporapar Jateng, Kuncoro Dwi Wibowo, mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait, termasuk Diskominfo Jateng, dalam melakukan promosi ke masyarakat.

“Tentu itu terus kita lakukan. Kita ingin Jateng berhasil dalam penyelenggaraan event ini.Venue perlombaan juga sudah kita siapkan,” ujar Kuncoro.

Kuncoro mengatakan ada 9 cabang olahraga yang digelar di ASG, yakni bola voli, tenis meja, tenis lapangan, atletik, pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, dan renang.

Kesembilan cabor itu akan digelar di sembilan venue yang berbeda. Sementara untuk pembukaan akan digelar di Holy Stadium Marina, Kota Semarang, dan penutupan di kompleks Candi Borobudur, Magelang.

Sementara itu, Ketua Gugus Kerja Sama Internasional Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr. Henny Setyawati, berharap ASG 2019 di Jateng berlangsung sukses. Pihaknya pun siap mengerahkan civitas academica Unnes agar event tahunan itu berjalan lancar.

“Jateng ini kan dipercaya untuk menggelar opening dan membantu agar event berjalan sukses. Tentunya, harapan kita sukses prestasi dan penyelenggaraan. Kita harus menjawab kepercayaan itu,” ujarHenny. (Adv)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten