SOLOPOS.COM - DPRD Gunungkidul (Foto Istimewa)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra sudah oke untuk menjajaki kemungkinan berkoalisi pada Pilkada 2015 mendatang. Rencananya, Selasa (26/8/2014) sore ini kedua partai akan bertemu untuk membahas arah dan tujuan koalisi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Gunungkidul Arif Wibowo mengakui secara kesepahaman kedua partai ini memiliki komitmen untuk maju bersama dalam Pilkada 2015. Internal PKS juga sudah membentuk tim untuk mengurusi Pilkada.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tugas dari tim antara lain, menjalin komunikasi dengan partai politik atau pun calon kandidat yang akan maju dalam pertarungan tersebut,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Senin (25/8/2014).

Komunikasi dengan parpol, salah satunya Gerindra, dilakukan karena PKS tidak bisa mengusung calon sendiri dalam Pilkada. Menurut Arif, PKS tidak menutup kemungkinan membuka komunikasi dengan parpol lainnya. Selain dengan parpol, PKS ternyata juga sudah membuka komunikasi dengan beberapa kandidat seperti Badingah, Subardi atau Kardi.

“Ini masih taraf penjajakan,” katanya.

Meski mengaku telah menjalin komunikasi politik dengan partai lain, Arif mengaku jika partainya tidak akan mengincar posisi bupati untuk Pilkada mendatang. Keyakinan ini didasarkan pada hasil perolehan kursi PKS di parlemen sehingga mereka kemungkinan besar hanya mengincar posisi wakil bupati.

Ketua DPC Partai Gerindra Gunungkidul Ngadiyono membenarkan bila komunikasi dengan PKS telah terjalin meski yang dilakukan masih sekadar omongan. Pertemuan secara resmi baru akan terjadi pada Selasa sore ini.

Ngadiyono menegaskan meski perbincangan yang dilakukan selama ini belum bersifat formal, secara garis besar kedua partai memiliki kesepahaman untuk maju bersama dalam pilkada mendatang. Apalagi, kebersamaan kedua partai juga terjalin erat dalam Pemilihan Presiden.

“Intinya kami [Gerindra dan PKS] siap untuk maju bersama. Untuk masalah calon yang akan diusung masih akan dibicarakan lebih lanjut. Kemungkinan besar, calon yang diusung dari luar partai,” ungkap Ketua Fraksi Gerindra di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul itu.

Pengurus DPD PKS Gunungkidul Ari Siswanto mengatakan koalisi permanen Merah Putih di tingkat nasional diharapkan bisa berlanjut untuk Pilkada 2015 meski sejauh ini belum ada nama yang muncul dari hasil kesepakatan partai koalisi.

Ari mengaku tidak menutup kemungkinan akan muncul nama dari internal partai koalisi. Namun, jika semua pihak ingin tetap maju, maka mereka bebas memilih kendaraan apa yang akan digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya