SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan rusak (Irawan Sapto Adi/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014 oleh DPRD yang molor memunculkan masalah. Proyek pembangunan jalan senilai Rp9 miliar batal.

Perdebatan yang alot tentang pembentukan alat kelengkapan (alkap) Dewan memaksa anggaran pembangunan jalan yang seharusnya dikucurkan tahun ini, dipindah ke pos anggaran 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul, Djoko Lelono mengatakan ada sebelas proyek perbaikan jalan yang harus digeser tahun depan.

Pembangunan jalan tersebut antara lain di Legundi-Petung, Putat-Plumbungan, Patuk-Semoyo, Playen-Ngleri, Sampang-Gantiwarno, Jalan Tentara Pelajar, Gesing-Panggul, Bedoyo-Kenteng, Kelor-Srimpi, Tawarsari-Grogol dan Jatiayu-Bulurejo.

“Waktu semakin mepet. Pengesahan APBD Perubahan urung dilakukan,” katanya, Selasa (4/11/2014).

Program perbaikan jalan tetap akan dijalankan. Hanya, pengerjaannya tidak dilaksanakan pada tahun ini, tapi tahun depan. “Tidak mungkin dikerjakan saat ini,” ungkapnya.

Diakui Djoko, kondisi jalan di sebelas ruas itu rusak cukup parah. Kondisi diperparah dengan kondisi politik di Dewan yang masih panas sehingga pembahasan anggaran molor.

“Seharusnya, alokasi anggaran sebesar Rp9 miliar masuk dalam APBD Perubahan itu. Kalau kami tetap ngotot mengerjakan tahun ini malah bisa menjadi salah,” tegasnya.

Dalam perhitungan Djoko, proses perbaikan jalan membutuhkan waktu minimal tiga bulan. Waktu itu digunakan mulai dari proses lelang hingga tahap pengerjaan selesai. Padahal, waktu efektif anggaran tahun ini hanya tinggal dua bulan.

“Apakah itu cukup? Ketimbang menjadi masalah, kami terpaksa menggesernya,” ungkap Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya