SOLOPOS.COM - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. (Solopos.com-Antara/Instagram @prasetyoedimarsudi)

Solopos.com, JAKARTA — DPRD DKI Jakarta akan mengusulkan tiga nama calon penjabat (pj) gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022 nanti. Ketiga nama pengganti Anies Baswedan itu akan dibahas dalam rapat pimpinan sembilan fraksi secara gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta yang berlangsung Senin (12/9/2022).

“Semoga proses dan mekanisme ini mampu melahirkan sosok yang berintegritas,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, Minggu (11/9/2022).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Menurut dia, sosok penjabat gubernur DKI pengganti Anies Baswedan itu diharapkan menyentuh langsung persoalan yang dialami warga Jakarta lima tahun terakhir. “Untuk menyentuh langsung persoalan yang dialami warga Jakarta lima tahun terakhir, dalam waktu dua tahun yang sangat singkat ke depan,” imbuhnya.

Prasetio menjelaskan mekanisme Rapimgab menjadi salah satu syarat untuk menjunjung tinggi asas kolektif kolegial yang ada di DPRD DKI Jakarta. Usulan tiga nama kandidat calon penjabat gubernur DKI itu sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketiga sosok itu menjadi kewajiban DPRD DKI Jakarta untuk diusulkan 30 hari sebelum masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 berakhir pada 16 Oktober 2021.

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan Resmikan 1.348 Rumah DP 0 Rupiah

Ketiga nama calon penjabat Gubernur DKI Jakarta itu paling lambat sudah harus diserahkan ke Kemendagri pada 16 September atau satu bulan sebelum masa jabatan Anies Baswedan berakhir.

Ketiga nama itu akan bersaing dengan tiga nama lain yang diajukan Kemendagri sebagai pengganti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dengan demikian, total ada enam orang calon penjabat Gubernur DKI Jakarta yang akan diajukan ke Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan keinginannya untuk beristirahat seusai tidak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan 11 Jam Diperiksa KPK terkait Formula E

Anies menyampaikan niatnya tersebut saat peresmian Masjid Jami Al Hidayah di Klender, Jakarta Timur, Jumat (9/9/2022).

“Yang pasti bulan depan saya istirahat. Saya selesai tugas jadi gubernur,” kata Anies.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya