SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Jabatan Ketua DPRD DIY definitif akhirnya kembali jatuh ke tangan politisi PDIP Youke Indra Agung Laksana.

Dengan begitu, keponakan Idham Samawi (mantan Bupati Bantul) itu tercatat sebagai politisi yang dua kali berturut-turut menduduki posisi Pimpinan Dewan.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

DPD PDIP DIY sebelumnya mengirimkan dua nama untuk mengisi jabatan Ketua DPRD DIY itu ke DPP PDIP, yakni Youke Indra Agung Laksana dan Eko Suwanto. Pada paripurna penetapan fraksi Selasa (9/9/2014) lalu, sempat muncul ketegangan, karena Eko sudah lebih dulu diputuskan untuk menjadi Ketua Fraksi PDIP.

Namun berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP PDIP No5335/IN/IX/2014 tertanggal 11 September, Youke akhirnya yang ditunjuk.

Dalam SK yang ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Sekjen PDIP Tjahyo Kumolo, Youke terpilih karena menimbang hasil psikotest, riwayat di PDIP, dan posisi strukturalnya di DPD PDIP sebagai bendahara.

Youke mengaku telah mendapatkan sinyal ditunjuknya kembali sebagai Ketua Dewan, karena saat psikotest bersama seluruh calon Ketua Dewan di Jakarta 16-17 Agustus.

“Pak Sekjen mengatakan struktur pengurus dari ketua, sekretaris, dan bendahara mendapatkan prioritas,” katanya Jumat (12/9/2014).

Namun kala itu ia tak ingin jumawa. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusannya ke DPP, toh Eko Suwanto juga memiliki jabatan struktural penting di DPD PDIP DIY sebagai Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kebudayaan dan Keagamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya