DPRD Boyolali Kirim Berkas Penetapan Calon Terpilih ke Mendagri
Pimpinan DPRD Boyolali melakukan penandatangan berita acara terkait Pilkada 2020, di ruang rapat paripurna DPRD, Jumat (22/1/2021). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- DPRD Boyolali secepatnya akan menyampaikan berkas berita acara penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih kepada Menteri Dalam Negeri atau Mendagri.

Selanjutnya, DPRD Boyolali akan menunggu jadwal pelantikan bupati Boyolali terpilih dari Mendagri.
Setelah menerima berita acara penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih oleh KPU Boyolali pada Kamis (21/1), DPRD pun langsung menggelar rapat paripurna pada Jumat (22/1).

Agenda yang difokuskan adalah pengumuman akhir masa jabatan (AMJ) bupati dan wakil bupati masa jabatan 2016-2021. Kemudian pengumuman penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 2020.

Gibran Segera Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Ini Pesan Eks Rival Bagyo Wahyono

Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, mengatakan berdasarkan regulasi yang ada, DPRD Boyolali hanya memiliki waktu lima hari setelah menerima berkas dari KPU, untuk menyampaikan berkas kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah.

"Jadi hari ini kami paripurna. Senin [25/1] rencana akan kami kirim ke Gubernur. Ditujukan kepada Mendagri melalui Gubernur," kata Ketua DPRD, Jumat.

Sri Sultan HB X Sebut 2 Adiknya Makan Gaji Buta, JCW Tuntut Transparansi Anggaran

Pada rapat paripurna DPRD Boyolali tersebut juga langsung dilakukan penandatangan berita acara. Yakni usul pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Boyolali masa jabatan tahun 2016-2021. Serta usul pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali terpilih hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali tahun 2020.

Mengenai jadwal pelantikan, Paryanto mengatakan hal itu menjadi wewenang dari Mendagri. "Nanti tinggal menunggu pelantikan. Apakah pelantikan dilaksanakan bersamaan dengan AMJ bupati sebelumnya, yakni pada 17 Februari, atau mundur. Tapi kalau melihat tahun 2015 dulu, pelantikan pada 17 Februari," jelas Ketua DPRD Boyolali.

Diketahui, pada Kamis (21/1), KPU Boyolali menetapkan pasangan Mohammad Said Hidayat dan Wahyu Irawan sebagi paslon Bupati dan Wakil Bupati Boyolali terpilih dalam Pilkada 2020.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom