SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Reuters)

Harianjogja.com, BANTUL-Anggota DPRD Bantul periode 2009-2014 yang sebentar lagi habis masa jabatannya memborong habis kegiatan kunjungan kerja (kunker) tahun ini. Tidak ada lagi jatah kunker yang tersisa bagi anggota dewan baru yang akan bekerja Agustus mendatang.

Catatan Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Bantul saat ini, tinggal tersisa empat kali kunker anggota dewan. Yaitu kunker Badan Kehormatan Dewan (BKD) dan Badan Legislatif (Banleg) sebelum Lebaran serta kunker Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) pada akhir masa jabatan. Artinya, jatah kunker yang melibatkan kelembagaan dewan sudah terlaksana semuanya sebelum jabatan dewan berakhir.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Kalau kunker kelembagaan untuk komisi sudah habis semua jatahnya, jadi untuk kelembagaan sudah tidak ada lagi,” kata Sekretaris DPRD Bantul Helmi Jamharis Jumat (4/7/2014).

Biasanya menurut Helmi, kunker kelembagaan yang jumlahnya ditetapkan anggota dewan pada awal tahun tersebut baru habis hingga akhir tahun. Namun tahun ini, jatah kunker tersebut sudah habis hanya sampai pertengahan tahun.

Sedangkan kunker untuk Panitia Khusus (Pansus) yang menggarap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) saat ini tengah berjalan. Ada empat kelompok Pansus yang kini tengah melawat ke Lampung dan Balikpapan Kalimantan Timur. Praktis dengan adanya kunker Pansus tersebut, tinggal tersisa dua kunker Pansus yang belum terlaksana. Itu pun karena dua kunker tersebut terkait pembahasan Raperda yang baru akan dikerjakan di triwulan tiga dan empat atau setelah anggota dewan lama berakhir.

Helmi tidak yakin dua kunker Pansus itu bakal dilaksanakan oleh anggota dewan baru mengingat padatnya agenda dewan baru nanti.

“Karena mereka harus membentuk alat kelengkapan baru seperti Komisi, BKD dan lainnya, belum lagi harus mengikuti kegiatan orientasi bagi dewan baru jadi akan padat, dan kemungkinan tidak akan diambil,” paparnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya