SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi DPRD Kabupaten Bantul (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL– Tiga partai peraih kursi DPRD periode 2014-2019 resmi berkoalisi membentuk fraksi. Ketiga partai tersebut yaitu Partai Demokrat, Partai Nasdem dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Anggota DPRD dari Partai Demokrat Nur Rahmad mengatakan, pihaknya sepakat bergabung karena sama-sama merupakan partai kecil di DPRD. Partai Demokrat dan PBB hanya memperoleh satu kursi legislatif, sedangkan Partai Nasdem memperoleh dua kursi. Latar belakang sesama partai kecil menurut dia akan membuat perwakilan partai sama-sama berada di posisi seimbang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau kami bergabung dengan partai besar, maka keputusan juga harus ikut partai besar. Kalau sesama partai kecil kan tidak. Duduk dan berdiri sama tinggi sama rendah,” terang Nur Rahmad, Sabtu (16/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Nur Rahmad menambahkan keputusan bergabung dengan Partai Nasdem dan PBB sejatinya tidak sejalan dengan koalisi partai di tingkat pusat. Terutama saat pemilihan Presiden Juli lalu. Sebab kondisi daerah disebutnya tidak harus sama dengan pusat.

Anggota dewan dari Partai Nasdem, Bibit Rustanto menuturkan, koalisi tiga partai secara administratif telah memenuhi syarat pembentukan fraksi.

“Satu fraksi syaratnya empat orang dan kita sudah memenuhi syarat,” imbuh Bibit.

Partainya, lanjut Bibit, belum memutuskan rekan koalisi ke depan. Apakah akan berkoalisi dengan partai seperti PDIP dan PKB seperti halnya koalisi partai di tingkat pusat. Atau berkoalisi dengan partai lain selain dua partai di atas.

“Sampai sekarang kami belum bahas soal koalisi, tapi yang pasti koalisi ini juga sangat ditentukan saat Pilkada nanti,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya