DPR Segera Proses Jenderal Andika sebagai Calon Tunggal Panglima TNI

Puan mengatakan masyarakat segera dapat mengetahui apakah calon Panglima TNI itu mendapatkan persetujuan dari DPR RI atau tidak.

Rabu, 3 November 2021 - 14:56 WIB Penulis: Newswire Editor: Abu Nadhif | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPR Puan Maharani (dok.detikcom)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan lembaganya segera memproses pengajuan Presiden Jokowi tentang calon Panglima TNI di mana satu-satunya calon adalah Jenderal TNI Andhika Perkasa.

“DPR RI dalam memberikan persetujuan Panglima TNI usulan Presiden akan memperhatikan dari berbagai aspek dan dimensi yang dapat memberi keyakinan bahwa Panglima TNI yang diusulkan dapat menjalankan tugasnya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,” kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021) dikutip dari Antara.

Menindaklanjuti surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru, Puan akan menugasi Komisi I DPR untuk membahasnya, termasuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan.

Baca Juga: Setahun Lagi Pensiun, Andika Perkasa Tetap Dipilih Jokowi 

Menurut dia, proses selanjutnya adalah Komisi I DPR RI akan melaporkan hasil pelaksanaan uji kelayakan di dalam rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan.

“Tentu saja persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima TNI yang diusulkan Presiden disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 hari, tidak termasuk masa reses, terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima DPR RI pada hari ini,” ujarnya.

Puan mengatakan DPR RI akan menjalankan proses tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku.

Puan mengatakan masyarakat segera dapat mengetahui apakah calon Panglima TNI itu mendapatkan persetujuan dari DPR RI atau tidak.

Baca Juga: Satu-Satunya Kandidat Panglima TNI, Ini Profil Jenderal Andika Perkasa 

Sebelumnya, pimpinan DPR RI menerima surat Presiden (surpres) terkait usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andhika Perkasa. Surpres tersebut disampaikan langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Puan Maharani didampingi dua wakil ketua DPR RI, yaitu Lodewijk Freidrich Paulus dan Rachmat Gobel.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif