SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Kemunculan mobil rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendorong pemerintah dan DPR RI membahas kembali rencana untuk memproduksi mobil nasional, yakni mobil yang dibuat secara mandiri oleh industri local. Pejabat dari beberapa instansi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan rapat dengar pendapat mengenai rencana pembuatan mobil nasional dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu (25/1). Rapat antara lain membahas peluang, tantangan dan hambatan yang selama ini dihadapi untuk mendukung percepatan produksi mobil nasional. Selain itu, pemerintah dan DPR RI juga membahas upaya untuk mempercepat produksi mobil yang dirancang dan dibuat industri lokal menggunakan sebanyak mungkin komponen lokal.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan salah satu tantangan untuk merealisasikan produksi mobil nasional adalah penyediaan modal besar dan teknologi tinggi. Menurut dia, produksi mobil nasional, juga harus memenuhi skala ekonomi untuk industrialisasi supaya bisa secara berlanjut memenuhi permintaan pasar yang ada. Selain itu, menurut dia, produksi mobil nasional membutuhkan jaringan pelayanan purna jual supaya bisa diterima masyarakat. [ant/miol/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya