SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Ketua DPR Marzuki Alie menilai wacana Dirut PLN Dahlan Iskan menggratiskan listrik untuk rakyat miskin tidak mendidik hemat energi. Marzuki meminta PLN menurunkan tarif listrik untuk mengurangi beban hidup rakyat miskin.

“Kalau mau, subsidi tarif saja. Khusus yang 450 watt untuk rakyat miskin sebaiknya diturunkan saja supaya mereka bisa tetap berhemat,” ujar Marzuki kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/6).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Menurut Marzuki, wacana yang dilontarkan Dahlan sulit direalisasikan mengingat biaya pengadaan listrik yang mahal. Kalaupun direalisasikan justru akan membuat rakyat melupakan kampanye hemat energi yang gencar diteriakkan oleh pemerintah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Solusi gratis itu tidak mendidik. Apa saja kalau tidak mendidik akibatnya mereka boros,” papar Marzuki.

Dengan mengurangi biaya TDL, PLN telah membantu rakyat berhemat. Sementara rakyat miskin tetap bersemangat berhemat energi.

“Kalau dia bayar walaupun sedikit kan baik. Sehingga dia bisa hemat energi, kalau siang lampu tidak dinyalain,” tegasnya.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya