SOLOPOS.COM - Perbandingan Tatib Baru dan Tatib Lama DPR RI versi Rieke Diah Pitaloka (twitter.com)

Solopos.com, JAKARTA – Politisi PDIP, Rieke Dyah Pitaloka, memprotes tata tertib (tatib) DPR yang baru. Rieke menyebut tatib DPR yang baru memungkinkan anggota dewan untuk titip absen.

“Tatib DPR RI yang baru mereduksi suara WakilRakyat untuk putuskan nasib rakyat, cukup absen, tak perlu hadir #TolakTatibDPR,” tulis Rieke dalam akun Twitter pribadinya, @rieke_diah, Kamis (2/10).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rieke lantas menyerukan penolakan terhadap tatib baru DPR sambil mengusung hashtag #TolakGajiButaDPR. Titip Absen, Tak Perlu Hadir Fisik TETAP punya hak suara TETAP DAPAT GAJI #TolakTatibDPR #TolakGajiButaDPR,” lanjutnya.

Mantan pemeran Oneng dalam serial TV, Bajaj Bajuri ini kemudian mengunggah foto tatib baru yang diterimanya. Berbeda dengan tatib lama, di mana setiap anggota harus membubuhkan jari di alat kehadiran elektronik, tatib baru tidak menyediakan alat absensi tersebut.

Dalam tatib lama, Pasal 243 dituliskan,
1. Setiap anggota wajib menandatangani daftar hadir dan membubuhkan cap jari pada alat kehadiran elektronik sebelum menghadiri rapat.
2. Kehadiran yang dimaksud pada ayat 1 adalah kehadiran fisik.

Sementara dalam tatib baru, Pasal 249 tertulis,
1. Untuk kepentingan administrasi setiap anggota menandatangani daftar hadir sebelum menghadiri rapat.
2. Kehadiran anggota yang dimaksud pada ayat 1 menjadi dasar bagi kepemilikan hak untuk pengambilan keputusan.

Demikian tertulis dalam tatib yang diunggah @rieke_diah itu. Postingan Rieke lantas dikomentari beragam oleh netizen. Sebagian ikut menyesalkan sementara beberapa justru menuding Rieke cari perhatian.

“Jika demikian abg beca juga bisa jd wakilrakyat sambil tetap nyari penumpangnya mbak. Trus buat apa anggota dpr sibuk make dasi,” @Sinabung_V.

“Tdk benar tatib spt ini, disusun oleh ex aleg “masa lalu” wajib dirubah, smg aleg skrng lbh independen tdk korbankan Hak Rakyat,” @DrewYakobus.

“Enak donk kerja jd DPR,gaji buta,” @RanGocok.

“jangan main ngambek aja, Mbak. Sebagai partai pemenang, hadapi dgn tegar dan elegan.” @novri75.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya