SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Berbagai cara dilakukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mendorong dilakukannya perubahan kelima UUD 1945. Salah satunya adalah dibuatnya situs www.perubahankelimauud45.com, yang peluncurannya dilakukan hari ini, (28/6).

Peluncuran dilakukan di awal acara Sarasehan Nasional di Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. Hadir dalam acara pimpinan MPR dan DPD, serta sejumlah tokoh seperti Jimly Asshiddiqie, Adnan Buyung Nasution, Hasyim Muzadi dan Mulyana W Kusumah.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan situs yang baru diluncurkan itu memuat informasi lengkap mengenai berbagai isu tentang perubahan kelima UUD 1945. Diharapkan, situs tersebut juga bisa mendapat masukan balik dari masyarakat.

“Website sendiri juga mengharapkan partisipasi publik, saran dan aspirasi kepada kelompok DPD di MPR,” kata Hemas dalam kata sambutan peluncuran.

Dalam www.perubahankelimauud45.com ini juga bisa di-download draf resmi amandemen kelima UUD 1945 yang diusulkan DPD. Situs juga menampilkan kegiatan Kelompok DPD di MPR terkait upaya perubahan kelima konstitusi.

“Kelompok DPD agar mengembangkan website, isi dan tampilannya, updating secara cepat dan terus menerus,” pinta Hemas.

Sejumlah isu dalam perubahan kelima UUD 45 ini antara lain penguatan sistem presidensial, penguatan lembaga perwakilan, penguatan otonomi daerah, calon presiden perseorangan, pemilahan pemilu nasional dan pemilu lokal, forum previlegiatum, optimalisasi peran Mahkamah Konstitusi, penambahan pasal HAM, penambahan BAB Komisi Negara dan penajaman BAB tentang pendidikan dan perkenomian.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya