SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Karanganyar secara simbolis menanam bibit pohon durian di Dusun Kroya, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar pada Sabtu (28/1/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ribuan bibit pohon ditanam di wilayah rawan longsor di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (28/1/2023). Penanaman bibit pohon dilakukan DPC PDIP Karanganyar dalam rangkaian memperingati HUT ke-50 PDIP.

Secara simbolis penanaman dilakukan Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo; Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC sekaligus Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rober Christanto serta sejumlah anggota DPRD dari PDIP di lapangan Kroya, Desa Wonorejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagus Selo mengatakan ada 4.200 bibit yang ditanam. Bibit tanaman itu di antaranya durian, alpukat, sengon, dan tanaman keras lainnya. “Kami memilih lokasi di sini karena daerahnya rawan longsor. Daerah ini berada di lereng Gunung Lawu,” kata dia di sela penanaman pohon.

Potensi bencana longsor di Desa Wonorejo memang cukup tinggi. Dengan gerakan penanaman pohon ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat setempat supaya ikut menjaga ekosistem alam. Jangan sampai ada penebangan pohon yang berdampak besar terjadinya bencana tanah longsor.

“Ada bibit buah yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Bagus.

Dalam kegiatan itu, selain penanaman pohon juga dilakukan gerakan bersih-bersih sungai. Seluruh pengurus dan kader PDIP turun membersihkan sungai dari sampah. Jika sungai bersih bisa dimanfaatkan warga untuk tempat wisata arung jeram ataupun tubing.

“Jadi bisa dikembangkan oleh masyarakat untuk wisata air,” kata sambung Ketua DPRD Karanganyar tersebut..

Sementara Rober Christanto mengatakan gerakan bersih sungai dan penanaman pohon merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-50 PDIP. Selain itu juga sebagai kado hari ulang tahun Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Di kegiatan itu, juga ditampilkan kesenian reog oleh seniman Wonorejo. Penampilan ini sekaligus bentuk menguri-nguri budaya warisan leluhur.

Kepala Desa (Kades) Wonorejo, Sularno, mengapresiasi langkah PDIP dengan gerakan penanaman pohonnya di kawasan Lereng Gunung Lawu. Gerakan ini menjadi wujud nyata kepedulian terhadap warga Wonorejo.

“Kami sangat berterima kasih. Kegiatan ini akan kami lanjutkan bersama warga untuk meningkatkan gerakan tanam tanaman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya