SOLOPOS.COM - Andrea Dovizioso (Crash.net)

Motogp 2016 memasuki seri ke-17 di Sepang, Malaysia.

Solopos.com, SELANGOR – Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara di Motogp Malaysia 2016. Dovizioso berhasil mengalahkan dua Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Selain itu, balapan kali ini juga diwarnai dengan beberapa pembalap terjatuh.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016) siang WIB, jumlah lap dikurangi menjadi 19 lap. Jorge Lorenzo yang memulai balapan dari posisi ketiga, berhasil menyodok ke urutan pertama melewati Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun tak selang lama, Dovizioso mampu menempati urutan terdepan mengungguli Marc Marquez, Lorenzo, dan Rossi yang berada di belakangnya. Balapan memang berjalan seru dan ketat, kendati lintasan basah. Jarak di antara para pembalap di urutan terdepan sangat tipis.

Memasuki lap kedua, Rossi berhasil melewati para pesaingnya dan memimpin balapan. Aksi gemilang ditunjukkan Andrea Iannone yang mampu menyodok ke posisi kedua, di depan Dovizioso, Marquez dan Lorenzo.

Setelah itu, Rossi dan Iannone pun bertarung. Keduanya saling salip hingga lap kelima. Iannone yang baru sembuh dari cedera menunjukkan tajinya. Dia mampu menyalip Rossi di tikungan ke-15 sebelum memasuki putaran keenam.

Setelah itu, Iannone memimpin cukup lama. Hingga akhirnya Rossi mampu menyalip di putaran ke-10. Posisi Iannone pun kemudian melorot ke posisi ketiga setelah disalip Dovizioso.

Setelah itu, beberapa pembalap terjatuh. Cal Crutchlow jatuh disusul kemudian Marquez saat balapan memasuki pitaran ke-11. Namun Marquez memilih untuk tetap melanjutkan balapan. Satu lap kemudian giliran Iannone yang harus terlempar dari lintasan.

Hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi Lorenzo yang sedari awal posisi melorot. Kini pembalap Movistar Yamaha itu berada di posisi ketiga karena tiga pembalap di depannya terjatuh. Namun, jarak Lorenzo sudah sangat jauh dengan Rossi dan Dovizioso.

Pada lap ke-14, Dovizioso berhasil menyalip Rossi untuk menduduki posisi pertama. Setelah itu, Dovi mampu memperlebar jarak dengan Rossi. Dia meninggalkan The Doctor dengan jarak mencapai 4 detik di belakangnya saat balapan menyisakan tiga putaran lagi. Hingga akhirnya, Dovi berhasil menyentuh garis finis pertama dan diikuti Rossi serta Lorenzo.

Tambahan 25 poin membuat Dovizioso naik ke posisi kelima klasemen pembalap Motogp 2016 dengan koleksi 162 poin. Sementara bagi Rossi, dia memastikan diri sebagai juara kedua Motogp 2016. Rossi total mengoleksi 236 poin, unggul 28 poin dari Lorenzo di tempat ketiga. Dengan hanya satu balapan tersisa, Lorenzo tak mungkin lagi bisa mengajar.

Hasil 10 besar GP Malaysia:
1. Andrea Dovizioso 42:27.333
2. Valentino Rossi +3.115
3. Jorge Lorenzo +11.924
4. Hector Barbera +19.916
5. Loris Baz +21.353
6. Maverick Vinales +22.932
7. Alvaro Bautista +25.973
8. Pol Espagaro +33.188
9. Jack Miller +34.224
10. Danilo Petrucci +34.717

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya