SOLOPOS.COM - (Dari kiri ke kanan) Adhika (rekan peneliti dari Taiwan Tech.), Prof. Chern (Supervisor), Prof. Kajishima (Co.Chairman AJKFED Conference 2023), Dr. Kan (peneliti dari National Center for High-Performing Computer Taiwan), Yosua Heru.

Solopos.com, JOGJA – Yosua Heru Irawan, Ph.D, dosen Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) berhasil meraih juara tiga dalam Flow Visualization Competition.

Kompetisi ini merupakan kegiatan yang memvisualisasikan hasil penelitian di bidang fluid dynamic. Kegiatan ini diselenggarakan oleh The American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada 10 – 13 Juli 2023.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kompetisi tersebut terselenggara dalam rangka ASME-JSME-KSME Fluids Engineering Division AJKFED Conference 2023 di Osaka, Jepang. Adapun JSME adalah The Japanese Society of Mechanical Engineers, sedangkan KSME adalah The Korean Society of Mechanical Engineers. Sementara AJKFED adalah ASME-JSME-KSME Joint Fluids Engineering Conference.

Yosua bulan Juni lalu lulus program Doctoral Teknik Mesin di National Taiwan University of Science and Technology, namun saat ini masih berada di Taiwan menunggu ijazah keluar.

Kompetisi diikuti oleh sekitar 717 peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti serta engineers yang berasal dari 24 negara. Pada kesempatan kali ini, Yosua mengambil judul Passively enhanced vortex-induced vibration responses of side-by-side cylinders in turbulent flow.

Informasi PMB
Informasi penerimaan mahasiswa baru

“Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peningkatan respons VIV (vortex-induced vibration) yang dialami dua silinder saat berinteraksi dengan aliran fluida. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menentukan penyusunan silinder pada sistem VIVACE (vortex-induced vibration for aquatic clean energy)”, jelasnya.

Yosua mengaku paper yang dilombakan adalah hasil penelitiannya dan ia ingin membagikan kepada sesama peneliti di bidang fluid engineering. Ia menambahkan keberhasilannya ini tidak lepas dari dukungan supervisornya, Prof. Ming-Jyh Chern.

“Bahkan Prof. Chern memberikan kesempatan kepada saya untuk berkolaborasi dengan CFD-Lab NTUST melalui join-research dan join-publication meskipun nanti sudah pulang ke Indonesia dan kembali bekerja di ITNY,” pungkas Yosua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya