Tutup Iklan

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

SOLOPOS.COM - Seminar Psikologi Penanganan Kasus Kekerasan Seksual. (Istimewa-UNS Solo)

Solopos.com, SOLO – Dosen Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Berliana Widi Scarvanovi menyampaikan bantuan psikologis bisa memberikan rasa aman korban kekerasan seksual.

Hal itu disampaikan Berliana Widi Scarvanovi, M.Psi., dalam Seminar Inisiasi Advokasi Perempuan (SIAP) secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, Jumat (30/4/2021). Sebanyak 180 peserta yang mayoritas mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi antusias dengan seminar ini. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS selaku inisiator kegiatan patut mendapat apresiasi.

“Pertolongan atau bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan. Selain itu, pertolongan yang diberikan dapat membantu korban mendapatkan dukungan sosial dan emosional,” jelas Berliana.

Hal lain yang menjadi fokus utama adalah pemberdayaan korban agar mampu mengatasi permasalahan tersebut apabila muncul kembali. Berliana juga menyoroti pentingnya keberadaan peer conselor hadir bagi korban kekerasan seksual.

“Peer conselor ini penting sekali. Meskipun dalam kasus-kasus tertentu harus diserahkan kepada orang yang lebih profesional. Tetapi bantuan psikologi akan membantu diawal kalau ada peer conselor untuk menangani kekerasan seksual,” tutur Berliana.

Baca juga: Dorong Optimalisasi Skill dan Kapasitas Pemuda, Impact Circle Bikin Kegiatan di UNS

Berliana pun menjelaskan penanganan psikologi kasus kekerasan seksual dalam seminar yang dipandu punggawa Kementrian Pemberdayaan Perempuan BEM UNS, Putri Septiara Tauladani,

Kekerasan seksual lanjut Berliana, didefinisikan sebagai bentuk paksaan seksual dimana seseorang menjadikan orang lain sebagai sasaran. Baik komentar, ajakan, gerak, kontak fisik, atau permintaan langsung yang tidak dikehendaki pihak tersebut untuk memperoleh keuntungan seksual.

Reaksi Korban

Tidak hanya soal bantuan psikologis, Berliana pun menjelaskan bahwa kekerasan seksual memiliki definisi yang lebih luas untuk perempuan dibandingkan laki-laki. Hal inilah yang sekiranya menjadi penyebab kekerasan seksual lebih banyak terjadi pada perempuan.

Selain itu kekerasan seksual juga akan menimbulkan reaksi yang beragam pada korban. Berliana menyampaikan beberapa faktor yang mempengaruhi reaksi korban. Di antaranya keparahan kejadian, pengalaman tentang peristiwa serupa, dukungan yang didapat. Kemudian permasalahan kesehatan mental pribadi dan keluarga, serta latar belakang kultur dan tradisi.

“Faktor-faktor tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam pemberian bantuan psikologis dan perlakuan agar korban dapat merasa lebih aman,” kata Berliana.

Baca juga: Wisuda Masih Daring, UNS Luluskan 1.272 Orang

Berliana menambahkan bahwa sistematika pemberian bantuan psikologis juga dapat dilakukan oleh para peserta seminar. Salah satu yang menjadi kunci adalah sabar dan tenang. Korban tidak selalu akan menceritakan langsung semua yang dialami kepada orang lain.

“Pemberian jarak nyaman serta mendengarkan secara aktif menjadi hal yang dapat mempertahankan korban agar terus bercerita. Perilaku empati, tidak berprasangka, dan menghormati privasi korban memberikan ruang kepada korban dan tidak juga merasa disalahkan. Pemberian pemahaman apabila korban merasa belum membutuhkan pertolongan masih dapat meminta bantuan di lain waktu. Hal ini untuk membantu meyakinkan korban bahwa mereka masih memiliki tempat untuk bercerita,” terang Berliana.

Seminar Psikologi UNS
Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran UNS Solo, Berliana Widi Scarvanovi memberi pemahaman penanganan korban kekerasan seksual dalam seminar daring. (Istimewa-UNS Solo)

Tiga Hal

Dalam memberikan bantuan psikologis tersebut, Berliana mengingatkan agar tidak menceritakan masalah korban kepada orang lain secara sembarangan. Anonimitas perlu untuk dijaga secara bijak.

“Boleh diceritakan dalam konteks tertentu, konteks akademik misalnya. Konteks diskusi misalnya teman-teman butuh masukkan dalam menghadapi kasus ini. Kemudian diskusi dengan orang yang lebih ahli, itu boleh diceritakan,” sambung Berliana.

Baca juga: Erick Thohir: Sinergi BUMN-Perguruan Tinggi Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Adapun batasan-batasan yang patut diperhatikan dalam memberikan bantuan psikologis. Berliana memberikan tiga hal yang dapat menjadi perhatian kepada para peserta kegiatan. Pertama, korban harus mau dibantu. Penolong hanya bisa menawarkan bantuan dan tidak bisa memaksakan untuk membantu.

“Kedua, perlu adanya kesadaran akan kemampuan diri. Hal ini berkaitan dengan batasan ketiga. Di mana apabila permasalahan yang muncul di luar kompetensi penolong. Maka dapat mencari supervisi atau rujuk ke professional,” imbuh Berliana.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Pesimistis Mendapatkan, Tak Mengakses Bantuan Modal

Pesimistis Mendapatkan, Tak Mengakses Bantuan Modal

Banyak pengusaha mikro dan ultramikro di Kabupaten Wonogiri kecewa karena setelah mengakses program bantuan modal dan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan ternyata tak mendapatkan bantuan modal tersebut. Justru banyak warga tak punya usaha mikro, hanya berbekal merekayasa data, malah mendapatkan bantuan modal.

Berita Terkini

Masuk Daftar Universitas Terbaik Versi QS World University Rankings 2022, Ini Komentar UNS Solo

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo masuk daftar universitas terbaik versi QS World University Rankings 2022 dengan enam aspek penilaian.

Perkuat Laboratorium Pangan, FP UNS Gandeng Balai Besar Pasca Panen 

Fakultas Pertanian UNS bersama Balai Besar Pasca Panen Kementerian Pertanian menandatangani kerja sama untuk memperkuat FP UNS sebagai laboratorium pangan.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kreativitas Mahasiswa UNS Rintis Makosta, Masker Khusus Anak

Starter-pack Makosta rintisan mahasiswa UNS merupakan paket produk masker, konektor, dan strap khusus anak-anak berbahan alami.

Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

BTS Meal merupakan menu kolaborasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

1.900 Pendaftar Minati Jadi Dosen UNS Solo, Ini Lowongannya

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka lowongan dosen nonpegawai negeri sipil untuk mengisi sejumlah prodi.

Kemesraan UNS dan Charoen Pokphand Berbuah Closed House Broiler

Kandang Closed House Broiler dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Peternakan FP UNS semaksimal mungkin sebagai laboratorium praktik.

Charoen Pokphand Indonesia Hibahkan Close House kepada FP UNS

Closed house yang dibangun di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, ini juga sebagai salah satu bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) atau CSR.

Halalbihalal Alumni Sastra Inggris UNS Digelar Hangat dan Penuh Kenangan

Halalbihalal dan Kongkow Virtual yang digelar Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berlangsung hangat dan akrab.

UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai di lahan eks rumah dinas rektor UNS yang selesai akhir 2021.

UNS Bangun Tower Sebelas Lantai, Ada Fasilitas Olahraganya, Keren!

Tower UNS berada di rumah dinas rektor yang terletak di samping boulevard UNS Solo.

UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).

UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Pemeringkatan oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

Rektor UNS: Silaturahmi Idulfitri Momentum Menyinkronkan Hati

Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

Heroik, Ini Kisah SAR UNS Evakuasi Korban Perahu Terbalik di WKO Boyolali

SAR UNS Solo berhasil mengevakuasi tiga korban meninggal dalam insiden perahu terbalik yang mengangkut 20 penumpang di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

Gelar Silaturahmi, Rektor UNS Tekankan Esensi Idulfitri

Kemampuan dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi merupakan buah dari asupan nutrisi keimanan dan ketaqwaan.

Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Meskipun ibu kota negara terletak di pesisir Kalimantan, tetapi batu-batuannya merupakan batuan tua.

Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membimbing petani untuk menghasilkan mete bibit unggul dengan harga terjangkau.

Dosen FEB UNS Menang Research Grant Bank Indonesia, Singkirkan 1.334 Peneliti Internasional

Dosen FEB UNS Solo Tastaftiyan Risfandy memenangkan Research Grant Bank Indonesia (RGBI) 2021 mengalahkan 1.334 peneliti internasional.

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani nota kesepahaman dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Afghanistan,

Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Video Karya Mahasiswa UNS Juara di Wonderfull Village Video’s

Wonderfull Village Video’s Contest 2021 merupakan rangkaian event Festival Online Desa Wisata 2021 dari mata kuliah Event Manajemen FEB UKSW.

Keren, Mahasiswa UNS Raih Most Intelligent Kece Cari Presenter Unesa

Bima Maulana Rahmad Hidayat mahasiswa Fisip UNS Solo berhasil menyabet juara Most Intelligent dalam Kece Cari Presenter.

Menilik Etlo.id, Industri Kreatif Produk Ecoprint Pendidikan Biologi UNS

Berawal dari Digitalpreneur UNS 2020, kini produk-produk Etlo.id sudah dipasarkan secara luring maupun daring.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

Erick Thohir: Sinergi BUMN-Perguruan Tinggi Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Erick Thohir mengatakan sinergi dengan perguruan tinggi tidak hanya memberikan hasil optimal untuk menghasilkan produk berkualitas dan memiliki daya saing tetapi juga membangun talenta dan generasi muda yang unggul dan siap memasuki dunia kerja.

Wisuda Masih Daring, UNS Luluskan 1.272 Orang

Meskipun sudah sempat menggelar kuliah tatap muka uji coba sejak beberapa waktu lalu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih mengadakan wisuda secara daring.

Dorong Optimalisasi Skill dan Kapasitas Pemuda, Impact Circle Bikin Kegiatan di UNS

Impact Circle  menggelar kegiatan #YOUthInAction: Boost Your Personal Capacity Through Social Media in Pandemic Covid-19 di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Cerello UNS Bukukan Prestasi di Festival Ajisaka UGM 2020+

Tim Cerello UNS Solo membukukan prestasi meraih juara pertama lomba Kehumasan Risk Management di Festival Ajisaka 2020+ di UGM.

Mulai Kuliah Tatap Muka, Begini Penerapan Prokes di UNS Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai membuka kuliah tatap muka uji coba, Rabu (7/4/2021). Untuk pekan ini, kuliah tatap muka di UNS hanya dibuka pada 3 fakultas,

Resmi Dikukuhkan, OASIS Diharap Berkontribusi bagi Alumni dan Prodi Sastra Inggris UNS

Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

2 Universitas Luar Negeri Masuk 10 Nomine UNS Jawametrik

UNS Jawametrik merupakan sebuah pemeringkatan berbasis TI untuk memberikan informasi tentang institusi/lembaga pengembang budaya Jawa,