Nanik Herawati saat mengembalikan berkas pencalonan bupati pada Pilkada Klaten di Kantor DPD PDIP Jateng, Sabtu (7/12/2019). (Sukarelawan Ninik Herawati)

Solopos.com, SEMARANG — Akademisi Universitas Widya Dharma Klaten, Nanik Herawati, menjadi pelamar pertama yang mengembalikan formulir pendaftaran sebagai calon bupati (cabup) Klaten pada Pilkada 2020 di DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng).

Nanik datang ke Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Sabtu (7/12/2019). Ia datang mengambil formulir sekaligus mengembalikan berkas pendaftaran untuk maju sebagai Cabup Klaten dari PDIP pada Pilkada 2020.

“Berkas sudah saya kembalikan semua dan dinyatakan lengkap,” ujar Nanik di Kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Sabtu.

Nanik pun berharap memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP sehingga menjadi kandidat bupati pada Pilkada Klaten 2020. “Saya ingin mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Dengan majunya Nanik sebagai cabup, praktis saat ini ada tiga kandidat bupati Klaten yang telah mendaftar di PDIP untuk mengikuti Pilkada 2020. Dua orang itu, yakni putra inisiator mobil Esemka, Ida Hartono, dan calon bupati incumbent, Sri Mulyani.

Salah seorang panitia pendaftaran, Andang Wahyu Triyanto, menyebut Nanik menjadi pendaftar pertama calon kepala daerah yang mengembalikan formulir di DPD PDIP Jateng.

Total, hingga hari kedua dibukanya pendaftaran di DPD PDIP Jateng sudah ada 39 orang pelamar yang mengambil berkas pendaftaran sebagai calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah pada Pilkada 2020 di Jateng. Namun dari 39 pelamar itu, baru Nanik seorang yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran.

“Bu Nanik tadi mengambil formulir sekaligus mengembalikannya. Kebetulan, dia datang membawa berkas persyaratan yang sudah lengkap,” ujar Andang kepada Semarangpos.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Jepara itu menyebutkan pada hari kedua dibukanya pendaftaran di DPD PDIP Jateng hanya ada empat pendaftar. Selain Nanik, ada tiga orang lagi yang mengambil berkas pendaftaran untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2020 di Jateng.

Ketiga orang itu yakni anggota Fraksi Gerindra DPRD Klaten, Hariyanto, yang mengambil formulir untuk mendaftar calon wakil bupati (cawabup) Klaten, anggota TNI AD, Mayor Inf. Kahono yang mendaftar sebagai calon bupati (cabup) Sukoharjo, dan pengusaha asal Blora, Agus Sugiyanto, yang mencalonkan diri sebagai cawabup Blora.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten