SOLOPOS.COM - Ilustrasi Real Madrid versus Borussia Dortmund. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Dortmund vs Real Madrid tersaji di fase grup Liga Champions.

Solopos.com, DORTMUND — Borussia Dortmund merupakan lawan yang sangat familiar bagi Real Madrid. Kedua tim ini bertemu enam kali hanya dalam empat musim terakhir di panggung Liga Champions.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Enam pertemuan itu masing-masing dua kali di fase grup, dua kali semifinal, dan dua kali pada babak perempatfinal. Dortmund dan Madrid pun akan dipertemukan untuk kali ketujuh hanya dalam rentang waktu lima musim pada laga kedua Grup F Liga Champions musim ini di Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (28/9/2016) pukul 01.45 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Sering berjumpa dengan Dortmund, tentu membuat Madrid paham betul bagaimana kapasitas musuh mereka tersebut. Die Borussen, julukan Dortmund, merupakan lawan yang sulit ditaklukkan, terutama ketika bermain di Signal Iduna Park. Madrid bahkan kerap menjadi korban bulan-bulanan lawannya. Terbukti  Karim Benzema cs. tidak pernah menang dalam lima kunjungan terakhir ke markas Die Borussen tersebut, dengan perincian dua kali imbang dan tiga kali menelan kekalahan.

Selain itu, Madrid juga tidak boleh melupakan fakta daratan Jerman seperti neraka bagi mereka. Tim pencetak rekor 11 kali juara Liga Champions itu cuma menang empat kali dalam 30 kali lawatan mereka ke Jerman, termasuk tiga kekalahan beruntun di kandang Die Borussen.

Sergio Ramos dkk. sepertinya harus kembali berhati-hati ketika mereka kembali menginjakkan kaki di Signal Iduna Park. Apalagi tuan rumah sedang beringas membobol gawang lawan. Tak tanggung-tanggung, tim polesan Thomas Tuchel tersebut menggelontorkan 20 gol hanya dalam empat pertandingan terbaru mereka di semua kompetisi!

Salah satunya ketika mengamuk 6-0 di markas Legia Warsawa pada match day pembuka Grup F Liga Champions musim ini. Hasil tersebut tercatat sebagai kemenangan tandang terbesar Dortmund dalam sejarah Liga Champions. Di sisi lain, kemenangan 3-1 atas Freiburg akhir pekan lalu menandai Die Borussen tak terkalahkan pada laga kandang mereka selama 24 pertandingan beruntun di Bundesliga.

Sebaliknya, sejak mengukir rekor kemenangan beruntun dalam 16 pertandingan di Liga Primera, Madrid melakoni dua partai terbaru mereka dengan hanya bermain imbang 1-1 atas Villarreal dan 2-2 melawan Las Palmas. Mega bintang Madrid, Cristiano Ronaldo, disebut-sebut kecewa dengan pelatih Zinedine Zidane yang menariknya keluar lapangan ketika Madrid unggul 2-1 pada menit ke-72 berhadapan dengan Las Palmas.

“Kami masih belum kalah dan kami masih berada di puncak [klasemen Liga Primera]. Hal terpenting bagaimana Anda bisa menyelesaikannya dan kami harus memenangi semua laga jika memungkinkan. Kami harus tetap bekerja keras dan sekarang fokus kami menghadapi Liga Champions,” jelas penyerang El Real, Alvaro Morata, seperti dilansir Reuters, Senin (26/9/2016).

Sebaliknya, kegagalan Madrid menang atas Villarreal dan Las Palmas membuat kubu Dortmund menebar psywar atas tim Ibu Kota Spanyol itu. Kebetulan, warna kebesaran Dortmund sama dengan Villarreal dan Las Palmas, yakni kuning. “Kamu benar-benar mengalami masa sulit bermain melawan tim-tim yang memakai warna kuning, benarkah @realmadriden?” kicau Dortmund dalam Twitter resmi mereka, seperti dilansir AS.

Penampilan Madrid kurang meyakinkan tanpa gelandang jangkar Casemiro dan bek kiri berpengaruh, Marcelo, yang dibekap cedera dalam dua partai terbaru. Selain itu, Ronaldo belum mencapai performa puncaknya sejak sembuh dari cedera lutut ketika membela Portugal di final Euro 2016. Ronaldo baru mengemas dua gol dalam empat laga. Kabar gemiranya, Madrid kemungkinan bisa memainkan kiper Keylor Navas yang pulih dari cedera saat bertandang ke Signal Iduna Park.

Sementara Dortmund masih menunggu kondisi terkini bek sentral, Marc Bartra dan penyerang Adrian Ramos. Kedua pemain ini absen karena cedera saat tim mereka melawan Freiburg. Utungnya, bomber maut Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, mengaku dalam kondisi baik-baik meski sempat mengalami benturan di laga terakhir. Kehadiran pemain yang moncer empat gol dalam tiga pertandingan terbaru itu bisa memberi teror pertahanan Los Blancos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya