Solopos.com, DORTMUND — Real Madrid menyerah kepada tuan rumah Borussia Dortmund dengan skor 0-2. Meski begitu, Madrid tetap lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berlaga di markas Dortmund, Rabu (9/4/2014) dini hari WIB, tim berjuluk SchwarzGelb itu langsung mengambil inisiatif menyerang. Beberapa upayanya masih bisa digagalkan barisan pertahanan Madrid.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih tertekan, Madrid justru berpeluang mencetak gol pertama. Di menit ke-16, wasit memberikan hadiah penalti seusai Lukasz Pizczek melakukan handball saat hendak menghalau crossing Fabio Coentrao.

Sayangnya, kesempatan ini gagal dimaksimalkan. Angel Di Maria maju sebagai eksekutor namun sepakannya berhasil digagalkan Roman Weidenfeller.

Sebuah peluang emas Dortmund terbuang di menit ke-19. Robert Lewandowski sukses melewati kawalan Coentrao untuk melepaskan operan kepada Marco Reus. Bola sampai di kaki Henrikh Mkhitaryan tapi tendangannya melebar tipis dari gawang Iker Casillas.

Serangan bertubi-tubi Dortmund akhirnya menghasilkan. Di menit ke-24 Reus mencetak gol pembuka untuk mengecilkan agregat 1-3 dari Madrid.

Diawali dari umpan panjang, bola sundulan Pepe gagal menemui Iker Casillas. Reus merebutnya untuk dilesakkan ke gawang yang sudah kosong. Dortmund 1, Madrid 0.

Di menit ke-37, Dortmund memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Madrid kehilangan bola yang akhirnya jatuh ke kaki Lewandowski. Sepakan pemain Polandia ini tak mampu dijangkau Casillas namun digagalkan tiang gawang. Namun, Reus bereaksi cepat dan menyambar bola pantul.

Pasca restart, Madrid lebih agresif. Weidenfeller dipaksa melakukan penyelamatan gemilang di awal babak kedua untuk mengagalkan sepakan keras Gareth Bale.

Di menit ke-59, Bale kembali meneror pertahanan Dortmund. Dari sisi kanan, sepakan Bale ke tiang jauh melebar tipis. Tak berselang lama, Benzema yang sudah mengitari Weidenfeller kehilangan momentum. Hummels sukses menyapu bola dari kaki Benzema sebelum melepaskan tembakan.

Di menit ke-65, peluang emas Dortmund menyamakan kedudukan terbuang. Umpan terobosan Reus berada di jalur Mkhitaryan, saat tinggal berhadapan dengan gawang yang kosong, sepakan dia membentur tiang. Kevin Grosskreutz meneruskan bola pantul namun tendangannya diblok.

Di menit ke-90, Madrid hampir membunuh perlawanan Dortmund. Umpan Benzema diterima Bale untuk diteruskan dengan sepakan yang diselamatkan Weidenfeller. Hingga akhir pertandingan tidak ada gol tambahan. (JIBI/SOLOPOS/dtc)

Susunan Pemain:
BORUSSIA DORTMUND:
Weidenfeller, Friedrich, Hummels, Durm, Piszczek (Aubameyang 81′), Jojic, Kirch, Mkhitaryan, Grosskreutz, Reus, Lewandowski

REAL MADRID: Casillas, Pepe, Ramos, Coentrao, Carvajal, Illarramendi (Isco 46′), Alonso, Modric, Di Maria (Casemiro 73′), Benzema (Varane 90+2), Bale

Pemain Dortmund Reus (tengah) saat membuat gol ke gawang Madrid. JIBI/Reuters/Kai Pfaffenbach

Pemain Dortmund Reus (tengah) saat membuat gol ke gawang Madrid. JIBI/Reuters/Kai Pfaffenbach

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi