SOLOPOS.COM - Ilustrasi Borussia Dortmund vs Bayern Munich. DokJIBI/Solopos/Reuters

Dortmund vs Bayern Munchen terjadi di Liga Jerman.

Solopos.com, DORTMUND — Bayern Munchen mendapat tekanan besar jelang Der Klassiker melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Minggu (20/11/2016) dini hari WIB. Jika kalah atau seri, Bayern bisa-bisa disalip RasenBallsport (RB) Leipzig yang meladeni Bayer Leverkusen sehari sebelumnya.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Tergelincir dari puncak klasemen oleh tim promosi jelas bakal menjadi aib bagi The Bavarians, julukan Munich. Terlebih, kampanye Bayern jelang Der Klassiker memang kurang meyakinkan. Sebelum jeda internasional, Thomas Muller dkk. ditahan imbang Hoffenheim 1-1 di kandang sendiri Allianz Arena. Total Bayern tiga kali bermain seri dalam lima laga terakhir Bundesliga.

Ekspedisi Mudik 2024

Di sisi lain, Dortmund masih kesulitan menembus empat besar usai serangkaian hasil buruk musim ini. Dortmund tiga kali seri dan sekali kalah di lima pertandingan terakhir Bundesliga. Namun Die Borussen mampu tampil impresif di laga terbaru saat membantai Hamburg SV 5-2. Pierre-Emerick Aubameyang memborong empat gol yang menjadikannya top skorer sementara Bundesliga dengan 11 gol.

Der Klassiker edisi ke-95 ini diramal menjadi laga yang ketat mengingat kedua tim sama-sama takut kalah. Striker Bayern, Thomas Muller, menyebut lawatan ke kandang Dortmund menjadi pertandingan terberat timnya musim ini.

“Laga nanti tak hanya dinanti fans. Ini pertandingan terbesar sekaligus tantangan terbesar kami,” ujar Muller seperti dilansir Supersport.com, Jumat (18/11/2016).

Dari sejarah pertemuan, Bayern diunggulkan karena memenangi tiga dari lima laga terakhir melawan Dortmund. Kemenangan terakhir Die Borussen atas Bayern di Bundesliga bahkan terjadi empat tahun lalu. Musim ini Manuel Neuer dkk juga belum terkalahkan.

Namun tim besutan Thomas Tuchel itu sedikit mendapat angin segar dengan sembuhnya winger Marco Reus. Start pertama Reus di Bundesliga musim ini bisa jadi ancaman bagi lini belakang Bayern yang dipimpin Mats Hummels. “Kami senang melihat Reus kembali berlatih,” ujar Tuchel.

Selain Reus, Dortmund bakal diperkuat Sebastian Rode dan Marcel Schmelzer yang kembali dari cedera. Rode mengakui tensi pemain sedikit meningkat jelang Der Klassiker. “Itu normal ketika Anda bermain melawan rival terbesar. Namun dengan bermain di hadapan fans, kami memiliki motivasi lebih untuk meraih tiga poin.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya