Tutup Iklan

Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung.

 Dorce Gamalama. (Detik)

SOLOPOS.COM - Dorce Gamalama. (Detik)

Solopos.com, SOLO-Dorce Gamalama sempat mengeluhkan sakit dada sebelah kanan dan sakit ketika buang air kecil sebelum menjalani rawat inap di Rumah Sakit Pusat Pertamina pada Minggu (24/10/2021).

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung. Meskipun dilansir dari Alodokter, Rabu (27/10/2021), serangan jantung biasanya terada pada dada sebelah kiri.

Selain serangan jantung, rasa nyeri pada dada sebelah kanan terasa sakit juga berkaitan dengan beberapa penyakit, terutama pada orang lanjut usia. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dada sebelah kanan. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya seperti dikutip dari suara.com, Rabu (27/10/2021):

1. Gangguan jantung

Gangguan jantung bukan satu-satunya penyebab sakit dada sebelah kanan, tetapi tetap bisa menjadi pencetusnya. Beberapa jenis gangguan jantung, seperti serangan jantung, penyakit jantung coroner, pericarditis, kariomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung, angin dan diseksi aorta.

Baca Juga: Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan, karena penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal, dan tukak lambung.

3. Gangguan paru-paru

Masalah paru juga bisa menjadi penyebab sakit dada bagian kanan. Gangguan paru-paru bisa berupa pneumonia atau infeksi jaringan paru, radang selaput paru, emboli paru, pneumothorax, hipertensi paru, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Baca Juga: Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

4. Stres

Stres juga bisa menimbulkan serangan panik yang mirip serangan jantung. Kondisi ini bisa muncul mendadak karena kejadian traumatis dalam hidup dan menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

5. Peradangan hati

Peradangan hati juga salah satu masalah kesehatan yang memicu sakit dada sebelah kanan. Karena, posisi organ hati berdekatan dengan dinding rongga dada kanan yang menyebabkan dada bagian kanan akan terasa sakit.

Baca Juga: Selain Hipoglikemia, Dorce Gamalama Juga Idap Penyakit Ini

6. Cedera bagian dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Karena, tulang iga kanan yang patah akibat cedera bisa memicu sakit dada sebelah kanan, terutama ketika batuk dan bernapas.

7. Otot tegang

Aktivitas fisik yang menyebabkan otot tegang bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa berasal dari nyeri otot dan memburuk ketika otot dada sebelah kanan digerakkan.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.