SOLOPOS.COM - Teknisi jaringan XL Axiata bekerja di atas menara BTS di dekat Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Huawei menerapkan teknologi terbaru Smart Massive Mimo. XL berupaya meningkatkan kapasitas pada jaringan seiring pertumbuhan trafik data yang terus meningkat. Penerapan teknologi ini telah berhasil meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga beberapa kali lipat lebih besar.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam rilisnya, Senin (29/11/2021), mengatakan seiring meningkatknya kebutuhan pelanggan atas layanan data dan internet, XL dituntut untuk mampu terus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun. Kami menggandeng Huawei untuk menerapkan teknologi Smart Massive Mimo ini di area-area yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan,” ujarnya.

Baca Juga : Area World Superbike Mandalika Sudah Terkaver Jaringan 4G

Teknologi Smart Massive Mimo merupakan teknologi berkonsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum.

Smart Massive Mimo memiliki kemampuan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknik massive antenna array dan feature beamforming. Dari sisi  operasional jaringan, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

CEO of Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma, mengatakan teknologi ini merupakan evolusi teknologi di era 5G. Huawei Smart Massive Mimo juga merupakan sarana penting untuk mengatasi pertumbuhan trafik jaringan yang cepat.

Baca Juga : XL Satu Jadi Layanan Konvergensi Pertama di Indonesia

“Saat ini, teknologi Huawei Smart Massive Mimo telah dikomersialkan di lebih dari 60 jaringan operator di seluruh dunia untuk meningkatkan kinerja dan daya saing jaringan mereka,” ujarnya.

Teknologi dari Huawei ini diimplementasikan untuk menjawab permasalahan pada area yang memiliki jumlah pengguna yang banyak dengan konsumsi trafik data yang tinggi. Dengan menerapkan teknologi ini, XL Axiata akan mampu menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data. Sistem ini support dengan platform atau aplikasi digital berkapasitas besar seperti antara lain, video conference, video streaming, webinar, dan video call.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya