SOLOPOS.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (JIBI/Reuters/Yuri Gripas)

Donald Trump menginginkan NASA kirip orang AS ke Bulan.

Solopos.com, WASHINGTON – Presiden AS Donald Trump meminta Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengirim orang ke Bulan sejak beberapa puluh tahun. Langkah ini disebut oleh Trump untuk mempersiapkan perjalanan ke Mars.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kali ini kita tidak hanya akan menancapkan bendera kita dan meninggalkan jejak kita,” kata Trump di Gedung Putih, Senin (11/12/2017), waktu setempat, saat dia menandatangani arahan kebijakan luar angkasa baru.

“Kita akan membangun pondasi untuk sebuah misi ke Mars dan mungkin suatu hari nanti ke banyak dunia di luar sana.”

Dilansir Antara, Selasa (12/12/2017), astronaut Amerika Serikat kali terakhir mengunjungi Bulan saat misi Apollo pada 1960-an dan 1970-an. Pada 20 Juli 1969, astronaut Amerika Serikat Neil Armstrong menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, yang memimpin Dewan Antariksa Nasional yang baru direvitalisasi, sebelumnya berjanji untuk kembali mengeksplorasi Bulan, tetapi hanya memberikan sedikit perincian.

Diapit oleh Pence dan dua astronaut perempuan, Trump mengatakan perintah tersebut “akan memfokuskan kembali program luar angkasa pada eksplorasi dan penemuan” dan “menandai sebuah langkah penting dalam pengiriman kembali astronaut Amerika ke Bulan untuk kali pertama sejak 1972.”

Tujuan misi baru ke bulan akan mencakup “eksplorasi dan penggunaan jangka panjang” dari permukaannya.

Gedung Putih menyatakan bahwa Amerika Serikat “akan bekerja dengan negara-negara lain dan industri swasta untuk mengirim kembali astronaut ke Bulan, mengembangkan teknologi dan peralatan untuk eksplorasi manusia ke Mars dan tujuan-tujuan lain di tata surya kita.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya