SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un bertemu di depan Hotel Metropole Hanoi, Rabu (27/2/2019). Pertemuan itu menandai dimulainya rangkaian perundingan tingkat tinggi AS-Korut di Vietnam yang berlangsung sampai Kamis (28/2/2019).

Sebagaimana dilansir Reuters, Donald Trump dan Kim Jong Un saling berjabat tangan dan melempar senyum di hadapan deretan bendera AS dan Korea Utara sebelum keduanya beranjak untuk makan malam bersama pada Rabu (27/2/2019).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Berbicara kepada pewarta yang turut meliput pertemuan itu, Trump mengutarakan optimismenya terhadap perundingan kali ini. Saat ditanyai apakah ia akan menarik tuntutan denuklirisasi, Trump menjawab “tidak.”

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami telah melalui banyak rintangan untuk mewujudkan pertemuan kedua dan Presiden Trump telah mengambil keputusan yang berani,” ungkap Kim Jong Un yang turut memberi keterangan bersama Donald Trump dalam sesi pertemuan singkat dengan wartawan.

Kim lantas mengungkapkan tekadnya untuk memberi yang terbaik. Ia pun meyakini perundingan kali ini akan menghasilkan kesepakatan yang luar biasa.

Donald Trump dan Kim Jong Un kemudian berbicara empat mata selama sekitar 20 menit sebelum duduk bersama untuk menikmati jamuan makan malam. Turut hadir dalam jamuan tersebut Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Pelaksana Tugas Kepala Staf Mick Mulvaney, pejabat tinggi Korea Utara Kim Yong Chol, dan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho.

Donald Trump dan Kim Jong Un akan kembali menggelar sejumlah pertemuan keesokan harinya, namun Gedung Putih belum mengumumkan lokasi pertemuan tersebut.

“Kami akan menghadapi hari yang sangat sibuk besok, ini saatnya untuk makan malam singkat,” kata Trump penuh senyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya