SOLOPOS.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Pasar saham Indonesia atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung terjun bebas di awal sesi kedua perdagangan, Jumat (2/10/2020), beberapa saat setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan diri positif terinfeksi virus corona melalui akun Twitter.

Bursa berjangka Amerika Serikat dan bursa Asia juga terkoreksi selepas kabar tersebut tersiar. Berdasarkan data Bloomberg yang dikutip Bisnis.com, IHSG terpantau di level 4.886,410, turun 83,68 poin atau 1,68 persen pada pukul 13.38 WIB. Pergerakan tersebut membuat IHSG makin terperosok karena hingga sesi pertama sudah melemah 0,73 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saham-saham berkapitalisasi jumbo serentak tertekan kabar buruk dari Trump ini. Saham PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA memimpin pelemahan dengan penurunan 2,06 persen. Di belakang BBCA ada saham emiten pelat merah yang jeblok.

Otak Kerusuhan Mertodranan Solo Ditangkap Densus 88, Terhubung Jaringan Teroris?

Seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.. terkoreksi masing-masing 3,85 persen, 2,22 persen, dan 2,91 persen.

Total net sell atau nilai jual bersih investor asing di awal sesi kedua mencapai Rp63,78 miliar. Adapun total transaksi perdagangan mencapai 6,9 miliar lembar dengan nilai transaksi Rp4,06 triliun.

Bursa saham Asia juga tak luput dari dampak kabar Presiden Trump positif Covid-19. Indeks Topix Jepang turun 1 persen, Shanghai Composite turun 0,20 persen, dan S&P/ASX Australia turun 1,39 persen.

Donald Trump dan Istrinya Positif Covid-19

Ancaman Kesehatan Serius

Diberitakan sebelumnya, Trump mengungkapkan bahwa dirinya positif terkena Covid-19 setelah melakukan tes pada Kamis (1/10/2020). Lewat akun Twitter miliknya, Trump mengatakan dia dan istrinya positif terjangkit virus corona.

Dia akan memulai proses karantina dan secepatnya. "Malam ini, hasil tes First Lady dan saya positif Covid-19," tuturnya di laman Twitter, Jumat.

Covid-19 merupakan ancaman kesehatan paling serius yang diketahui terhadap Presiden AS yang sedang berkuasa sejak beberapa dekade terakhir. Pada usia 74 tahun, Trump termasuk dalam kategori risiko tertinggi untuk komplikasi serius dari penyakit tersebut.

Nekat! Pria Ini Maling Kotak Amal di Masjid Pasar Legi Solo

Infeksi penyakit itu bisa membuat tidak stabil iklim politik, sedangkan pasar saham berjangka jatuh karena berita infeksi Trump tersebut. Trump diduga terinfeksi dari penasihat Trump, Hope Hicks, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Pejabat administrasi Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan Hope mulai merasakan gejala ringan saat perjalanan pulang dengan pesawat seusai menghadiri kampanye di Minnesota pada Rabu (30/9/2020) malam.

Sejak itu, Hope dikarantina. Kemudian, dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Hope cukup intens bersama Trump selama satu pekan terakhir. Selain bersama Trump ke Minnesota, dia juga mendampingi ke debat calon presiden pada Selasa (29/8/2020) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya