Dominasi Brawn GP berlanjut

MONACO: Dominasi Brawn GP di awal musim lomba balap Formula Satu (F1) berlanjut di GP Monaco. Dua pembalap Brawn GP, Jenson Button dan Rubens Barrichello, berhasil finis di 1 dan 2. Sedangkan Ferrari menunjukkan tanda-tanda bangkit setelah dua pembalapnya menyelesaikan lomba di posisi tiga dan empat.

Di Monaco, Minggu (24/5) malam, duo Brawn GP melakukan start dengan gemilang. Saat Jenson Button sukses mempertahankan posisi terdepan yang dia punya, Barrichello yang menempati posisi start ketiga langsung menyusul Kimi Raikkonen di urutan dua.

BGP 001 milik pembalap Brasil itu bahkan sudah sejajar dengan F60 Kimi hanya sepersekian detik setelah start dan terlihat mudah saat menyusul untuk mendapat posisi kedua, seperti dilansir detikcom. Sementara urutan beberapa posisi di belakangnya tak berubah dengan berbaris ditempati Felipe Massa, Nico Rosberg, Heikki Kovalainen, Mark Webber, Fernando Alonso dan Kazuki Nakajima.

Dari posisi terbelakang, Lewis Hamilton tanpa kesulitan naik satu strip ke urutan 19 setelah mendahului Jarno Trulli. Nyaris tak ada kejadian menarik dalam beberapa lap setelahnya, kecuali beberapa perubahan posisi di baris belakang, sampai terjadi duel wheel to wheel antara Massa dengan Vettel di lap ketujuh. Meski sebelumnya mampu mempertahankan posisinya dari serangan Vettel, Massa terpaksa keluar dari lintasan dan memotong di sebuah chicane untuk berada di depan Vettel.

Sesuai regulasi, Massa harus memberikan kembali posisinya buat Vettel. Namun saat dia melambatkan mobil, ternyata bukan Red Bull saja yang melintas lantaran jet darat Williams tunggangan Nico Rosberg juga menyusulnya. Di lap 11, Sebastian Buemi menjadi pembalap yang pertama pensiun setelah dia bersenggolan dengan Nelson Piquet.

Sayap belakang R29 miliknya mengalami kerusakan akibat kejadian, meski mampu kembali ke lintasan namun dia tak bisa bertahan lama dan akhirnya harus menyerah. Di lap yang sama, Hamilton masuk ke pit stop pertamanya sementara Piquet harus menyusul Buemi keluar dari balapan dua lap berselang. Kimi menjalani pit stop pertamanya di lap 15, dia pun harus turun empat peringkat ke posisi tujuh saat kembali ke lintasan.

Satu lap berselang gantian Barrichello masuk pit, di lap yang sama Vettel mengakhiri balapan setelah kehilangan kendali mobil di sebuah tikungan ke kanan yang membuat Red Bull miliknya menghantam ban pengaman di pinggir lintasan. Button terpaksa kehilangan posisi terdepan miliknya saat menjalani pit stop pertama di putaran ke 16, urutan pertama diambil alih Rosberg.

Pembalap Inggris yang kini masih memuncaki puncak klasemen itu langsung duduk di urutan dua saat kembali ke lintasan untuk kemudian kembali memimpin saat Roseberg gantian masuk pit, dan terlempar ke posisi delapan saat balik ke trek.

Button menunjukkan tanda kalau dia akan kembali menjadi juara setelah unggul jauh saat balapan baru masuk lap 23, jaraknya dengan Barichello di posisi dua terus melebar hingga menyentuh angka 16,6 detik. Sementara posisi tiga dan empat ditempati duo Ferrari, Kimi yang dikuntit Massa, diikuti Rosberh di urutan lima.

Tak ada perubahan terjadi di posisi 10 besar hingga jelang berakhirnya balapan. Satu-satunya insiden yang terjadi adalah kecelakaan yang menimpa Nakajima saat balapan tersisa satu putaran lagi.

AUTOSPORT

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom