SOLOPOS.COM - Sebuah kamera keamanan ditempatkan di bagian Kota Tua yang telah direnovasi di Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang Uighur, China, 6 September 2018. (Reuters-Thomas Peter)

Solopos.com, XINJIANG — Dokumen yang disebut sebagai dokumen rahasia milik Pemerintah China yang dipubklikasikan pada Minggu (25/11/2019) mengungkap beberapa fakta mengejutkan.

Pada dokumen itu, terdapat cara Pemerintah China mengubah perilaku atau bisa disebut mencuci otak pra kaum minoritas muslim di kamp-kamp tahanan massal di wilayah barat laut Xinjiang, China

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdsarkan laporan Detik.com, Selasa (26/11/2019), dokumen rahasia itu bertentangan dengan klaim pemerintah China selama ini bahwa kamp-kamp tersebut menawarkan pendidikan ulang secara sukarela kepada ratusan ribu kaum Uighur, Kazakh, dan kaum minoritas lainnya untuk mencegah terjadinya radikalisasi.

Dokumen rahasia itu diserhakan orang yang tidak mau disebutkan identitasnya kepada International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional dan dibagikan kepada 17 media, termasuk Sddeutsche, The Associated Press, dan Guardian.

Dokumen-dokumen yang sebagian besar berasal dari 2017 itu mengungkap blueprint cara Partai Komunis China yang berkuasa membentuk sistem kamp-kamp pengasingan dengan tingkat keamanan tinggi setelah kerusuhan berdarah terkait ras dan serangan teroris di Xinjiang satu dekade lalu, yang mana sejak saat itu menampung lebih dari satu juta orang.

ICIJ mendeskripsikan dokumen-dokumen itu sebagai petunjuk operasi untuk menjalankan kamp dan merinci sistem Orwellian pengawasan massal dan kebijakan terprediksi di kelompok Uighur dan di antara kelompok minoritas lainnya.

ICIJ juga mengatakan China telah melakukan pengasingan massal kelompok minoritas terbesar sejak peristiwa Holocaust yang dilakukan Pemerintah Nazi Jerman pada Perang Dunia II silam.

Berikut perintah utama dalam dokumen yang disebut sebagai The China Cables ini:

  1. Kamp-kamp tahanan menjadi tempat pusat pendidikan ulang ideologi dan perilaku secara paksa para tahanan untuk mengubah pola pikir mereka yang dijalankan dengan diam-diam.
  2. Pelatihan kejuruan hanya diberikan di tempat terpisah setelah tahanan dibebaskan.
  3. Petugas kamp tahanan diperintahkan untuk mencegah tahanan yang kabur, dengan mendirikan menara pengawas, memasang kunci pintu ganda, alarm, video pengawas, dan meningkatkan keamanan di gerbang utama.
  4. Kamp-kamp tersebut terkoneksi dengan infrastruktur pengawasan massal di seluruh Xinjiang dengan sistem terpusat, yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), mengidentifikasi target-target yang berpotensi menjadi tahanan mereka.
  5. Diberikan rincian cara menjaga kerahasiaan tentang keberadaan kamp, metode indoktrinasi paksa, dan cara mengendalikan wabah penyakit.
  6. Para tahanan juga dinilai akan kemampuan mereka menggunakan bahasa Mandarin dan kepatuhan mereka pada aturan ketat kamp yang mengatur segala sesuatu mulai dari tempat mereka makan, melakukan tugas-tugas kamp, belajar, atau bahkan pergi ke toilet.
  7. Para tahanan diwajibkan berada dalam pusat pendidikan ulang tersebut minimal selama satu tahun dan dapat ditahan hingga waktu yang tidak ditentukan.
  8. Siswa dipaksa untuk benar-benar berubah, dan melakukan pertobatan dan pengakuan.

Dokumen tersebut ditujukan kepada pejabat tingkat tinggi oleh departemen urusan politik dan hukum Partai Komunis Xinjiang serta otoritas Xinjiang yang mengawasi kepolisian, pengadilan, hingga keamanan negara.

Satu dokumen mengungkapkan bahwa pada Juni 2017 saja, dari 24.612 orang yang dicurigai teridentifikasi oleh sistem data, 15.683 di antaranya pergi untuk pelatihan dan pendidikan, 706 ditahan, dan 2.096 ditempatkan sebagai tahanan rumah.

Eksploitasi

Dokumen lain menyebutkan bahwa para petugas kamp harus mengecek secara teliti para keluarga dari tahanan kelompok Uighur dan mereka yang diinterogasi harus dipaksa untuk memberikan nama teman dan kerabat mereka. Petugas kamp juga diperintahkan untuk memperhatikan masalah ideologi dan perubahan emosional yang muncul setelah para tahanan berkomunikasi dengan keluarganya.

ICIJ mengatakan dokumen-dokumen itu telah terverifikasi dengan memeriksa laporan media pemerintah dan pemberitahuan publik sejak saat itu. Beberapa pengamat dan mantan karyawan kamp dan mantan tahanan juga mengkonfirmasi kebenaran isi dokumen tersebut.

Tanggapan China

Pemerintah China pun merespon bocornya dokumen rahasia tersebut dan menegaskan bahwa dokumen tersebut adalah palsu. "Sejak langkah-langkah telah diambil, tidak ada satu pun insiden terorisme dalam tiga tahun terakhir. Xinjiang jauh lebih aman," kata Kedutaan Besar China di London dalam pernyataan tertulis.

Dalam pernyataan itu juga ditambahkan bahwa kebebasan beragama dan kebebasan pribadi para tahanan sepenuhnya dihormati.

Xinjiang telah lama menjadi wilayah yang dilanda konflik di China. Kaum Uighur, kelompok etnis terbesar di kawasan itu, telah berulangkali melawan pemerintah China, terkadang dengan melancarkan serangan.

Pada 2009, konflik di ibu kota provinsi, Urumqi, menelan 200 korban jiwa. Pada 2014, kaum Uighur juga melakukan penyerangan dengan menggunakan pisau dan parang di salah satu stasiun kereta api di kota Kunming, China selatan, yang menewaskan 29 orang.

China menganggap kekerasan tersebut sama halnya dengan serangan Islam di Barat dan mengatakan para ekstremis menyulut kerusuhan antara kaum minoritas Uighur dan kaum mayoritas Han.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya