Tutup Iklan -->
Dokter Spesialis: Mata Merah & Berair Bisa Jadi Gejala Virus Corona
Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dokter spesialis mata di Rumah Sakit (RS) Mata JEC Jakarta, Ferdiriva Hamzah, mengatakan mata merah dan berair bisa jadi gejala dari virus corona atau Covid-19.

Oleh karena itu, ia meminta kepada rekan-rekan medis yang mendapatkan kasus pasien mata merah dan berair harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Solopos Hari Ini: Satu Lagi Warga Solo Positif Virus Corona

"Teman sejawat yang kedatangan pasien mata merah, periksa mata pasien pake APB lengkap ya + handschoen, goggles jika ada. Mata berah, bengkak, berair cukup sering ditemukan pada pasien dengan COVID-19," terang Ferdiriva di akun Instagramnya, @ferdiriva, Jumat (3/4/2020).

Berdasarkan penelitian dan laporan beberapa pihak, Ferdiriva mengatakan gejala virus corona terdapat di air mata. Maka dari itu, petugas medis yanng akan memeriksa pasien dengan keluhan mata berair, bengkak, dan merah harus menggunakan sarung tangan.

Faisal Basri: Luhut Pandjaitan Lebih Berbahaya dari Virus Corona

Tetapi, ia menegaskan bahwa tak semua mata merah adalah gejala dari virus corona.

"Ada laporan yang mengungkakan kalo virus ini ada di air mata. Jadi, buat dokter yang periksa pasien mata merah, wajib pake handschoen. Cuci tangan yang benar sebelum dan sesudah periksa pasien. Satu lagi, tidak semua mata merah itu udah pasti COVID. Jangan parno dulu ya. Kalo mata kamu merah, periksakan," imbaunya.

Bupati Sragen Kepada Perantau: Jangan Mudik Dulu Kalau Masih Sayang Keluarga!

Virus Sebabkan Mata Merah

Salah satu penelitian dari American Academy of Ophthalmology yang dilansir Suara.com, mikroorganisme termasuk virus bisa menyebabkan mata merah atau dalam dunia medis dikenal dengan konjungtivitis. Kondisi tersebut bisa terjadi pada sekitar 1-3 persen orang yang terinfeksi virus corona.

Kasus mata bengkak, berair dan bengkak yang menjadi salah satu gejala virus corona pernah ditemukan oleh seorang perawat di Life Care Center di Kirkland, Washington, Chelsy Earnest.

Pemkot Solo Siapkan SOP Karantina Pemudik, Begini Alurnya

"Mata mereka seperti terkena alergi. Bagian putih matanya memerah dan mereka seperti memakai eye shadow karena bagian luar matanya jua ikut memerah," jelasnya.

Meskipun begitu, mata merah, bengkak dan berair bukan satu-satunya gejala yang muncul pada pasien positif virus corona. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus corona atau tidak, salah satunya dengan tes swab.

Wali Kota Solo Jamin Tak Ada Penolakan Pemakaman Jenazah Covid-19, Asal...


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho