Dokter Sampai Heran, Pria Ini Bisa-Bisanya Telan Sikat Gigi Utuh
Sikat yang dikeluarkan dari perut laki-laki India. (Metro)

Solopos.com, ITANAGAR — Seorang laki-laki di India tak sengaja menelan sikat gigi saat membersihkan bagian belakang tenggorokannya. Dokter melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan sikat tersebut.

Selebgram Seksi Ini Perlihatkan DM Dapat Nomer Whatsapp dari Hotman Paris

Dilansir dari Metro, Kamis (24/9/2020), dokter itu mengeluarkan sikat gigi sepanjang 19 cm dalam waktu 24 jam. Dokter yang melakukan operasi ini khawatir jika sikat tersebut tidak segera dikeluarkan maka bisa berakibat fatal.

Diketahui pasien laki-laki berumur 39 tahun itu sedang menggosok gigi kemudian tak sengaja sikat tersebut tertelan. Insiden ini terjadi pada 15 September 2020. Pria yang dirahasiakan namanya itu kemudian bergegas ke klinik kesehatan terdekat. Klinik itu merujuknya ke Rumah Sakit Umum Bakin Pertin yang jauhnya lebih dari 100 km.

Setelah tiba di rumah sakit, dokter THT rumah sakit itu melakukan prosedur esofagoskopi. Prosedur esofagoskopi adalah tindakan sebuah operasi menggunakan tabung esofagoskop dimasukkan melalui mulut dan masuk ke kerongkongan atau esofagus. Tindakan ini bertujuan untuk melihat isi lumen esofagus atau kerongkongan.

Viral Video Tiktok Guru Doakan Murid Meninggal Karena Mengeluh Kelas Online

Dokter Sampai Heran

Tes tersebut dilakukan pada 16 September pagi, tetapi sikat gigi itu tidak dapat ditemukan di kerongkongan laki-laki tersebut. Kemudian Dokter Bomni Tayeng, seorang ahli bedah senior di rumah sakit itu, mengatakan bahwa sikat tersebut pasti sudah masuk ke perut.

Dia kemudian menyarankan pasien itu, agar dirawat di rumah sakit untuk menjalankan tes laparotomi, tindakan ini dilakukan untuk mengatasi masalah organ di dalam perut. Menurut keterangan dari dokter Bomni, laki-laki ini tidak merasakan sakit apapun, setelah menelan sikat gigi itu. laki-laki itu mengaku hanya mengalami sedikit ketidaknyamanan di perut bagian atas.

“Karena sikat gigi tidak dapat dideteksi dalam x-ray, saya kemudian memutuskan untuk melakukan proses laporatomi eksplorasi, dengan anestesi umum di tempat yang sama,” kata Dokter Bomni.

Viral Video Kepala Desa Gantar Kesurupan Setelah Lihat Tari Jaipong

Ahli bedah rumah sakit itu mengatakan butuh waktu 30 – 35 menit untuk mengeluarkan sikat gigi dari perut pasien.

Dokter bedah tersebut juga mengaku heran, bagaimana seseorang bisa menelan sikat gigi sepanjang itu secara utuh. Pasien tersebut dilaporkan minum cairan oral sehari setelah operasi dan mulai mengalami pemulihan yang cepat. Diketahui pasien tersebut pulang dari rumah sakit pada Senin (21/9/2020).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom