SOLOPOS.COM - Ilustrasi Doa (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa doa yang dibaca ketika anak Anda sunat?

Sunat atau khitan merupakan ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim laki-laki dan hal ini menjadi salah satu tugas orang tua untuk mengkhitankan anaknya.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Biasanya sunat dilakukan saat usia si kecil masih anak-anak, kurang dari 10 tahun.

Baca Juga:  Asal Usul Kanjeng Ratu Kidul, Kerap Disamakan dengan Nyi Roro Kidul

Dalam sebuah perintah agama, sebagaimana dijelaskan dalam situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), saat anak sunat harus diawali dengan doa.

Adapun doanya tertera dalam kitab Hilyatun Nufus lil ‘Aris wal ‘Arus, yang bunyi dan artinya sebagai berikut.

Baca Juga:  Mulai Diberikan 12 Januari 2022, Berapa Harga Vaksin Covid-19 Booster?

Allaahumma haadzihii sunnatuka wa sunnatu nabiyyika, shalawaatuka ‘alayhi wa aalihii, wat tibaa‘un minnaa li nabiyyika, bi masyii’atika, wa iraadatika, wa qadhaa’ika li amrin aradtahuu, wa qadhaa’in hatamtahuu, wa amrin anfadztahuu, wa adzaqtahuu harral hadiidi fii khitaaniii wa hijaamihii bi amrin anta a’rafu bihii minnii.

Artinya: Ya Allah, ini adalah sunnah-Mu dan sunnah nabi-Mu. Semoga rahmat tercurah padanya dan keluarganya. Dan kami mengikuti nabi-Mu dengan kehendak-Mu dan qadha-Mu. Karena suatu hal yang Engkau inginkan. Karena suatu hal ketentuan yang Engkau tetapkan. Karena suatu perkara yang Engkau laksanakan, dan Engkau merasakan padanya panasnya besi dalam khitan dan bekamnya karena suatu perkara yang Engkau lebih tahu dari aku.

Baca Juga:  Sederet Tren Bisnis di 2022, Bisa Jadi Peluang Usaha Nih!

Selain itu, ada doa selanjutnya yang bisa dibaca saat anak sunat.

Allaahumma fa thahhirhu minadz dzunuub, wa zid fi umrihii, wadfa‘il aafaati ‘an badanihii wal awjaa‘i ‘an jismihii, wa zidhu minal ghinaa, wadfa‘ ‘anhul faqra, fa innaka ta‘lamu wa laa na‘lamu.

Baca Juga; Ritual Ngalap Berkah di Makam Pangeran Samudro Ternyata Ada Sejak 1970

Artinya: Ya Allah, maka sucikanlah dia dari dosa-dosa. Tambahlah umurnya. Jagalah tubuhnya dari penyakit. Dan tambahlah kekayaan padanya dan jauhkan dari kefakiran. Maka sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara kami tidak mengetahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya