SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Setelah menjalankan ibadah sunah salat tahajud, umat Islam disarankan untuk membaca doa yang merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Salat tahajud adalah ibadah yang mulia karena dilakukan di saat orang tertidur. Sunahnya salat ini bersifat muakkad lantaran selalu dilakukan Rasulullah SAW hingga membuat Nabi sedikit waktu tidurnya.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ibadah satu ini juga memiliki sederet keutamaan. Mengutip laman resmi Universitas Islama Indonesia (UII), dengan melakukan salat tahajud, umat muslim bisa dikabulkan doa-doanya dan diampuni dosanya. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya:

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, aku ampuni dia.”

Baca Juga: Doa dan Amalan Biar Cepat Hafal Al-Qur’an

Dengan keutamaan tersebut, terdapat doa yang harus dibaca setelah melakukan salat tahajud sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW yang dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Baca Juga: Hukum Mandi Malam Hari Menurut Pandangan Islam

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Baca Juga: Hukum Ejakulasi Mengeluarkan Sperma di Luar Kemaluan Istri Menurut Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya