SOLOPOS.COM - Seorang warga mengemudi mobil di jalan Solo-Jogja, beberapa waktu lalu., Pada saat menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, mengemudi dengan kecepatan konstan akan membuat konsumsi BBM kendaraan menjadi lebih hemat. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat doa ketika dalam perjalan jauh dengan kendaraan untuk mudik, kira-kira bagaimana bunyinya?

Sebagai umat muslim, sudah seharusnya untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam berbagai kondisi, termasuk ketika naik kendaraan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketika naik kendaran, umat muslim juga disarankan untuk berhati-hati agar selamat di tempat tujuan.

Nah, berikut ini terdapat doa dalam perjalan jauh naik kendaraan untuk mudik, yang diterangkan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online.

Doa Perjalanan Jauh untuk Mudik

1. Baca bismillah.
2. Baca doa berikut ini.

Alhamdulillaahilladzii/subhaanalladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuuna.

Artinya: Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

3. Baca alhamdulillah tiga kali.
4. Baca Allaahu akbar tiga kali.
5. Saat perjalanan jauh untuk mudik, terakhir membaca doa berikut.

Subhaanaka innii zhalamtu nafsii faghfirlii fa innahuu laa yaghfiruz dzunuuba illaa anta.

Artinya: Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.

Selain itu, umat muslim juga bisa membaca doa perjalanan jauh naik kendaraan untuk mudik dengan membaca Surat Al-Ikhlas.

Qul huwallaahu ahad. Allaahus shamad. Lam yalid, wa lam yuulad. Wa lam yakullahuu kufuwan ahad.

Artinya: Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya