SOLOPOS.COM - Ilustrasi muslim berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan memperbanyak doa, termasuk doa di pagi dan sore hari yang diajarkan Rasullulah SAW di bawah ini.

Pagi dan sore hari menjadi momentum yang baik untuk memohon kemaslahatan dan meminta perlindungan kepada Allah SWT untuk 12 jam ke depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apalagi di bulan Ramadan seperti saat ini, memohon perlindungan kepada Allah SWT di pagi dan sore hari tak kalah pentingnya.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), umat muslim dianjurkan untuk membaca doa pagi dan sore hari berikut ini di bulan Ramadan yang diajarkan Rasulullah SAW yang terdiri dari lima.

Ekspedisi Mudik 2024

Doa Pagi dan Sore Hari di Bulan Ramadan

1. Doa Memohon Perlindungan Allah SWT Dibaca 3 Kali

A‘uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya. (HR Muslim dan Ibnu Sinni).

2. Doa Perlindungan dari Nafsu dan Setan Dibaca 3 Kali

Allaahumma faathiras smaawaati wal ardhi, ‘aalimal ghaibi was syahaadah, rabba kulli syai’in wa maliikah, asyhadi an laa ilaaha illaa anta. A‘uudzu bika min syarri nafsii wa syarris syathaani wa syirkih.

Artinya: Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mua dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya. (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

3. Doa agar Terhindar dari Muhdarat Dibaca 3 Kali

Bismillaahil ladzii laa yadhurru ma‘as mihii syai’un fil ardhi wa laa fis samaa’i wa huas samii‘ul ‘aliim.

Artinya: Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia mahadengar dan mahatahu. (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

4. Dua Kalimat Syahadat

Allaahumma innii ashbahtu asyhaduka wa asyhadu hamalata ‘arsyika wa malaa’ikatika wa jamii‘a khalqika annaka antallaahul ladzii laa ilaaha illaa anta, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rasuuluk.

Artinya: Tuhanku, aku berpagi hari, aku menyaksikan-Mu dan menyaksikan malaikat penanggung arasy, malaikat-Mu, dan semua makhluk-Mu bahwa Kau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu, dan Muhammad adalah hamba dan rasul-Mu. (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

5. Pujian kepada Allah SWT

Allaahumma maa ashbaha bii min ni‘matin fa miinka wahdaka laa syariika laka, lakal hamdu wa lakas syukru.

Artinya: Tuhanku, nikmat yang menyertaiku berpagi hari ini semata berasal dari-Mu yang esa, tiada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan syukur. (HR Abu Dawud).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya