SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut Hari Raya Iduladha, umat Islam bisa membaca doa yang dilafalkan ketika malam takbiran.

Meski belum ditetapkan secara resmi oleh pemerintah, Hari Raya Iduladha 2023 diprediksi berbeda. Muhammadiyah sendiri telah memutuskan hari raya yang identik dengan ibadah haji dan kurban itu bertepatan dengan Rabu, 28 Juni 2023.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Sementara itu, pemerintah melalui SKB 3 Menteri, Hari Raya Iduladha 2023 diprediksi jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Untuk memastikannya, masyarakat diimbau untuk menunggul sidang isbat yang digelar Kementerian Agama pada Minggu, 18 Juni 2023.

Walaupun begitu, tak ada salahnya sebagai umat muslim untuk mengetahui doa untuk menyambut Hari Raya Iduladha yang dibaca ketika malam takbir pada 9 Zulhijah. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini lafal doanya, yang juga dibaca ketika awal Rajab dan Nisfu Syakban.

Allaahumma shalli ‘alaa Mu?ammadin wa aalihi, mashaabi?il ?ikmati wa mawaalin ni’amti, wa ma‘aadinil ‘ishmati, wa‘shimnii bihim min kulli suu’in, wa laa ta’khudznii ‘alaa ghirratin wa laa ‘ala ghaflatin, wa laa taj’al ‘awaaqiba amri hasratan wa nadaamatan, wardlaa ‘annii, fa-inna maghfirataka lidh-dhaalimiin, wa anaa minadh dhaalimina, allaahumma ighfirl lii maa laa yadlurruka, wa a‘thinii ma la yanfa‘uka, fainnaka al-waasi’ata ra?matuhu, al-badii’ata ?ikmatuhu, fa a‘thinii as-sa‘ata wad da‘ata, wal amna wash shihhata wasy syukra wal mu‘aafata wattaqwaa, wa afrigh ash-shabra wash shidqa ‘alayya, wa ‘alaa auliyaai fîka, wa a‘thinii al-yusra, walaa taj’al ma’ahu al-‘usraa, wa a’imma bidzaalika ahli wa waladii wa ikhwaani fîka, wa man waladanii minal muslimiina wal muslimaati wal mu’miniina wal mu’minaati.

Artinya: Ya Allah limpahkan rahmat ta’zhim-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, tuan-tuan nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan lantaran mereka, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian, janganlah engkau jadikan akhir urusanku suatu kerugian dan penyesalan, ridhailah aku, sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang zalim dan aku termasuk dari mereka.

Ya Allah ampunilah bagiku dosa yang tidak merugikan-Mu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepada-Mu, sesungguhnya rahmat-Mu luas, hikmah-Mu indah, berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan.

Tuangkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu, berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan, liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anaku, saudar-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin muslimat, serta kaum mukiminin mukminat.

Demikianlah doa yang dibaca untuk menyambut Hari Raya Iduladha yang dibaca pada malam takbir 9 Zulhijah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya