SOLOPOS.COM - Emmeril Kahn Mumtadz, anak sulung Ridwan Kamil. (Instagram/@emmerilkahn)

Solopos.com, BANDUNG — Berbagai pihak turut mendoakan keselamatan anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang dikabarkan hanyut terbawa arus di Sungai Aaree, Bern, Swiss.

Kepala Biro Komunikasi dan Humas Institut Teknologi Bandung (ITB) Naomi Haswanto mengatakan Emmeril atau yang akrab disapa Eril itu merupakan salah seorang mahasiswa ITB angkatan 2017 yang masih menyusun tugas akhir (TA). Maka, menurutnya segenap jajaran ITB pun turut mendoakan Eril.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rektor ITB beserta jajaran, dan segenap civitas ITB sangat prihatin atas hilangnya Emmeril, dan mendoakan Emmeril dapat diketemukan dalam kondisi selamat,” kata Naomi di Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/5/2022).

Sebagai informasi, Eril merupakan mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin pada Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB sejak tahun 2017. Anak sulung Ridwan Kamil itu mengambil program studi tersebut setelah lulus dari SMAN 3 Bandung.

Lebih lanjut, Naomi mengatakan pihaknya juga turut mendoakan agar keluarga Ridwan Kamil dapat diberi ketabahan dalam menghadapi situasi ini.

Baca juga: Polisi Swiss Akui Kesulitan Cari Eril Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare

Pada bagian lain, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berdoa bersama mengharapkan keselamatan dan kesehatan bagi anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aaree, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022.

“Imbauan untuk masyarakat Jawa Barat kita berdoa mudah-mudahan anak pemimpin kita dalam keadaan selamat dan sehat,” kata Uu Ruzhanul Ulum, saat kunjungan kerja ke SMKN 1 Kabupaten Garut, Jumat.

Dia berharap melalui doa tersebut putra pertama Gubernur Jabar itu bisa segera ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat.

“Saya sebagai teman baik, sahabat karib berdoa mudah-mudahan anaknya segera ketemu dalam keadaan selamat dan sehat,” katanya.

Baca juga: Bikin Trenyuh, Ini Postingan Ridwan Kamil di Hari Sang Anak Hilang

Ia menjelaskan doa merupakan salah satu cara agar yang diharapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Apabila ada hal yang tidak diinginkan diharapkan menjadi sesuatu kebaikan.

Hilang Saat Berenang

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga mendoakan putra Ridwan Kamil ditemukan selamat. “Kami di Jakarta turut prihatin dan mendoakan bersama, mudah-mudahan bisa segera ditemukan dan selamat,” kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Riza mengaku prihatin dengan hilangnya Emmeril ketika berenang bersama adik dan beberapa orang rekannya pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

“Semoga tim SAR di Swiss bisa segera menemukannya dan tentu kami berdoa semoga selamat,” imbuh Riza.

Baca juga: Profil Eril, Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aare Swiss

Sebelumnya, kabar hilangnya Emmeril disampaikan perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman.

“Bahwa benar anak pertama, kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss,” demikian pernyataan Elpi Nazmuzaman. Menurut dia, keluarga Ridwan Kamil saat itu sedang berada di Swiss karena Eril berencana melanjutkan ke jenjang S2 di negara itu.

Elpi menuturkan saat itu kakaknya hendak naik ke permukaan, namun tiba-tiba terseret arus sungai yang cukup deras meski cuaca yang cerah. Eril kemudian hanyut meski sempat ditolong beberapa rekannya. Tim SAR dan polisi Swiss  melakukan pencarian terhadap Eril.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya