SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Ka'bah. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Ketika memulai Tawaf atau mengelilingi Ka’bah, umat Islam yang berangkat haji dan umrah, bisa membaca doa yang ditujukan kepada Allah SWT.

Tawaf merupakan salah satu rukun haji. Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tawaf harus dilakukan dalam keadaan suci sebagaimana syarat sah salat. Perintah tawaf dapat ditemukan pada Surat Al-Hajj ayat 29.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hendaknya mereka melakukan tawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (Surat Al-Hajj ayat 29).

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), terdapat doa ketika memulai Tawaf mengelilingi Ka’bah. Berikut ini bunyi doanya.

Bismillaahi wallaahu akbar. Allaahumma ?maanan bika, wa tashdiiqan bi kitaabika, wa wafaa’an bi ‘ahdika, wattibaa‘an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallallaahu ‘alayhi wa sallama.

Artinya: Dengan nama Allah, Allah maha besar. Ya Allah, (aku bertawaf) karena keimanan kepada-Mu, kepercayaan terhadap kitab suci-Mu, pemenuhan terhadap janji-Mu, dan kepatuhan terhadap sunnah nabi-Mu Muhammad SAW.

Untuk bisa Tawaf mengelilingi Ka’bah, umat Islam juga bisa berdoa agar bisa segera berangkat haji dan umrah. Adapun doanya sebagai berikut.

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah selawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

Doa agar cepat naik haji tersebut merupakan amalan selawat yang telah diterima dari KH Ahmad Baedlowie. Selawat berikut ini dibaca satu kali setiap selesai salat isya dan dibaca 40 kali setiap malam Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya