SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji di Makkah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Ketika memasuki Kota Makkah di Arab Saudi, jemaah umrah maupun haji disarankan untuk membaca doa yang dianjurkan oleh banyak ulama.

Memasuki musim haji pada Juni 2023, sudah sepatutnya calon jemaah haji untuk mempersiapkan ilmu, fisik, kesehatan, dan juga psikis. Hal ini bertujuan untuk menjadi haji yang mabrur atau diterima Allah SWT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat berhaji dan umrah, Kota Makkah menjadi tujuan utama para calon jemaah haji. Di kota ini, terdapat Ka’bah, kiblat salat umat Islam di seluruh dunia.

Nah, ketika memasuki Kota Makkah, para calon jemaah umrah dan haji disarankan membaca doa berikut ini, yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Allaahumma zid haadzal baita tasyriifan wa ta’dhiiman wa ‘izzatan wa mahabatan, wa zid min syarafihi, wa ‘adh-dhimhu mimman hajjahu au i’tamarahu, tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa birran. Allaahumma haadza haramuka fa harrim lahmii wa damii ‘alan-naar. Allaahumma qinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu ‘ibaadaka. Allaahumma aaminnii min ghadlabika wa ‘iqaabika.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah Baitullah ini kemuliaan, keagungan dan kewibawaan, tambahkanlah kemuliannya, agungkanlah ia dari orang yang haji atau umrah menujunya, muliakan, agungkan dan baguskan. Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu, maka haramkanlah daging dan darahku atas neraka. Ya Allah, jagalah aku dari siksa-Mu, di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, amankanlah aku dari kemurkaan dan siksaMu.

Selain memasuki Kota Makkah, umat muslim juga disunahkan untuk membaca doa saat melihat Ka’bah, yang lafal dan artinya adalah sebagai berikut.

Allaahumma zid haadzal bayta tasyriifan wa ta‘zhiiman wa takriiman wa mahaabatan, wa zid man syarrafahuu wa karramahuu min man hajjahuu aw i’tamarahuu tasyriifan wa takriiman wa ta‘zhiiman wa birran.

Artinya: Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada Baitullah ini. tambahkan juga kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan untuk orang-orang berhaji atau berumrah yang memuliakan dan menghormati Ka’bah.

Kemudian, dilanjutkan dengan doa ini, Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, fa hayyinaa rabbanaa bis salaam. (Ya Allah, Engkau adalah keselamatan. Dari-Mu keselamatan berasal. Wahai Tuhan kami, berikan kehormatan pada kami melalui keselamatan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya