SOLOPOS.COM - Ilustrasi Doa (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat doa Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga:  Ke Solo Lagi, Kali Ini Atta Halilintar Ajak Aurel Hermansyah

Ada beragam cara untuk memperingati Maulid Nabi tersebut, mulai dari pengajian, berselawat dan mengamalkan beberapa doa di bawah ini.

Berikut ini doa Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilengkapi dengan latin dan artinya, seperti telah dikabarkan Inews.id.

Baca Juga: Potret Anggun Nicke Widyawati, Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Doa dan Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dilengkapi Latin

1. Selawat al-Fatih

Doa dan amalan pertama Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat al-Fatih.

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ?lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah selawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan selawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Baca Juga: Terungkap! Ini Kakek-kakek Viral yang Dimarahi Baim Wong, Ternyata..

2. Selawat Nariyah

Doa dan amalan kedua Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Nariyah.

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Baca Juga:  Dilakukan Nikita Willy, Bolehkah Nge-gym Saat Hamil?

3. Selawat Munjiyat

Doa dan amalan ketiga Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Munjiyat.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar fa’una bihaa ‘indaka a’laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan selawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan selawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan selawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan selawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan selawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Baca Juga: Doa dan Amalan yang Dibaca untuk Anak Baru Lahir

4. Selawat Nuril Anwar

Doa dan amalan keempat Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Nuril Anwar.

Allahumma Shalli ‘Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari ‘Adada Ni’amillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.

Baca Juga: Jangan Kecele! Ini Syarat Nonton World Superbike di Sirkuit Mandalika

5. Selawat Ibrahimiyah

Doa dan amalan keempat Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Ibrahimiyah.

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad kamaa shollaiyta ‘alaa sayyidina Ibraahim wa ‘alaa aali sayyidina Ibraahim, wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Sayyidina Ibrahim wa ‘alaa aali sayyidina Ibrahim fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Baca Juga:  Resep Cara Membuat Keripik Kaca, Jajanan Hits yang Lagi Viral

6. Selawat Thibbil Qulub

Doa dan amalan keenam Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Thibbil Qulub.

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah Rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyebuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Baca Juga: Apakah Seleksi CPNS 2022 Ada, Terus Kapan Dibuka?

7. Selawat Ummi

Doa dan amalan ketujuh Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Ummi.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”



Baca Juga:  Apa Doa untuk Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai?

8. Selawat Badar

Doa dan amalan kedelapan Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Badar.

Shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah. Shalaatullaah Salaamullah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah. Tawassalnaa Bibismi llaah Wabil Haadi Rasuulillaah. Wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah. llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah. Wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Baca Juga:  Hukum Memuaskan Istri dengan Jari, Bolehkah Menurut Islam?

9. Selawat Tarhim

Doa dan amalan kesembilan Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Tarhim.

Ash-shalaatu was-salaamu ‘alaiyk Yaa imaamal mujaahidiin yaa Rasuulallaah Ash-shalaatu was-salaamu ‘alaaik Yaa naashiral hudaa yaa khayra khalqillaah Ash-shalaatu was-salaamu ‘alaaik Yaa naashiral haqqi yaa Rasuulallaah Ash-shalaatu was-salaamu ‘alaaik Yaa Man asraa bikal muhayminu laylan nilta maa nilta wal-anaamu niyaamu Wa taqaddamta lish-shalaati fashallaa kulu man fis-samaai wa antal imaamu Wa ilal muntahaa rufi’ta kariiman Wa ilal muntahaa rufi’ta kariiman wa sai’tan nidaa ‘alaykas salaam Yaa kariimal akhlaaq yaa Rasuulallaah Shallallaahu ‘alayka wa ‘alaa ‘aalika wa ashhaabika ajma’iin.

Baca Juga: Gak Harus Dua, Seharusnya Berapa Kali Mandi dalam Sehari?

10. Selawat Allahul Kafi

Doa dan amalan ke-10 Maulid Nabi yang dilengkapi dengan latin dan artinya ini adalah Selawat Allahul Kafi.

Allahul Kaafi rabbunal kaafi. Qashadnal kaafi wajadnal kaafi. Likulli kaafi kafaanal kaafi. Wa ni’mal kaafii alkhamdulillah. Hasbunallahu wa ni’mal wakiil. Ni’mal maulaa wa ni’man nashiiru.



 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya